​Kunker Ke Bayat, Hamdhani Disambut Upacara Adat Dayak

    NANGABULIK – Anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani melakukan kunjungan kerja ke Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau, Kamis (9/3/2017) disambut upacara adat Dayak. Setelah masuk aula, digelarlah acara ramah tamah sekaligus serap aspirasi diwarnai dialog dengan masyarakat .

    Hal tersebut disampaikan Bayu Harisma Asiten Markas Rumah Aspirasi Hamdhani,kepada beritasampit Sabtu (11/3/2017).

    Menurut Bayu, malamnya sekira pukul 19.00 WIB, Hamdhani bersama rombongan dari Pemkab Lamandau mulai masuk ke Aula Desa Bayat dengan iringan tarian khas budaya Dayak.

    Hamdhani dan rombongan, selain disambut upacara adat Begendang Benaik Benaki yang digelar warga. Kemudian Hamdhani, duduk di kursi sebagai penghargaan tertinggi kepada tamu. Di kursi itu, Hamdhani langsung dijampi-jampi khas Dayak oleh Damang Adat.

    Kemudian Hamdhani pun langsung diberi ikat tongang pada pergelangan tangannya sebagai tanda supaya selamat lahir batin dunia akhirat.

    Setelahnya, Bagendang dimulai. Sang tamu ditawari minum tuak. Jika tak bisa minum tuak, setiap tamu bisa diganti dengan minuman biasa. Selanjutnya, tamu diajak menari memutar dibarengi oleh warga Bayat.

    Ini untuk menjalin keakraban antara tamu dan warga lokal. Acara itu pun usai hingga tengah malam. (man/beritasampit.co.id)