​Desa Kumpai Batus Atas Dan Terantang Siap Dijadikan Lahan Kebun Bawang Merah

    PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melalui Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (KPHP) siap mendukung pengembangan program kebun bawang merah, tahun 2017.

    “Lahan untuk kebun bawang merah sudah disiapkan seluas 50 hektar di Desa Kumpai Batu Atas dan Desa Terantang,” jawab H.Kamaludin.SH, Kepala Dinas KPHP Kabupaten Kobar,saat dibincangi beritasampit, Selasa (14/3/2017).

    Menurut Kamaludin, potensi pengembangan bawang merah di dua desa tersebut cukup tinggi. Walaupun lahannya tidak sebagus di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, salah satu sentra bawang merah.Tapi kalau kita,ulet dan kerja keras untuk mengurus lahan, maka semua lahan di Indonesia termasuk di Kobar,juga bisa menjadi subur”,ujarnya.

    Tujuan yang paling utama kenapa di dua desa tersebut akan dibuka lahan kebun bawang, lanjut Kamaludin, karena selama ini pasokan bawang merah di semua pasar yang ada di Kobar, dikirim dari jawa,dengan harga cukup tinggi.

    “Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan usaha para anggota kelompok tani. Karena permintaan pasar untuk bawang merah semakin meningkat, sekaligus kita harus berani mencoba untuk membuka lahan kebun bawang merah. Di kabupaten lain di Kalteng, juga banyak yang berhasil menanam bawang merah, Kenapa di Kobar enggak bisa,” imbuh Kamaludin.

    Ditambahkan bahwa pengelolaan kebun bawang merah seluas 50 hektar didua desa, nantinya akan dikelola oleh Kelompok Tani, yang sebelumnya mereka ditatar,tentang bagaimana caranya menanam bawang merah bisa bagus dan berkualitas.(man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)