​Mau Tahu Sampai Mana Tahapan  Pilkades Serentak 2017 di Kotim, Ini Lanjutanya 

    SAMPIT – Tahapan pilkades yang sempat terhenti akibat adanya permasalahan perda sehingga sepakat perda pilkades no 4 tahun 2016 untuk direvisi.

    Marslam Bernando Umar selaku Kepala Seksi Kelembagaan Desa mengungkapkan tahapan pilkades tetap berjalan sampai sekarang sepanjang tidak ada Keputusan Perubahan Jadwal Pilkades oleh Pejabat yang berwenang kita tetap melanjutkan jadwal tersebut.

    “Sekarang tahapan/ kegiatan pilkades sampai pada tahapan pencalonan dengan kegiatan klarifikasi kelengkapan dan keabsahan berkas Balon Kades, tidak ada penundaan jadwal Pilkades. Walaupun ada permasalahan perda kita tetap jalan dan menunggu hasil klarifikasi berkas balon kades yang d ajukan oleh Panpilkades ke instansi berwenang melalui Panpilkab,” ujar Nando Rabu, (15/3/2017).

    Untuk berapa desa yang positif dipastikan ikut dalam penyelenggaraan pilkades 2017 Nando menjelaskan bahwa ada 81 desa yang sudah dipastikan ikut Pilkades d tahun ini.

    Nando juga menjelaskan sepanjang tidak ada perubahan SK Penetapan desa yang akan melaksanakan Pilkades 81 desa tetap ikut Pilkades, seandainya ada perubahan SK kita akan menyesuaikan.

    “Ada 81 desa yang positif sudah ikut, memang ada 1 desa kemaren yang bermasalah, yaitu Desa Rantau Sawang karena masih belum ada SK pembentukan Panpilkadesnya, hal tersebut terhambat karena masa jabatan BPD telah berakhir dan yang membentuk Panpilkades ini adalah BPD,” katanya.

    Tetapi lanjut dia, SK BPD Rantau Sawang sudah keluar dan untuk keikutsertaan Desa ini dalam Pilkades menunggu keputusan Tim nantinya apakah di ikutkan Pilkades tahun ini ada gelombang berikutnya “tinggal menunggu keputusan saja,” ujar Nando

    Nando juga menjelaskan terkait dana panitia yang sekarang masih belum tersalurkan karena itu dalam proses pencairan dan dalam beberapa hari kedepan mudah-mudahan sudah kita realisasikan.

    “Memang untuk anggaran Pilkades dalam proses pencairan, kami berharapkan panitia di tingkat desa dapat bersabar dalam waktu dekat ini akan cair,” pungkasnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)