​APBDes 2017 Desa Handil Sohor Prioritaskan Penimbunan Jalan Desa

    SAMPIT – Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2017 desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimatan Tengah, prioritaskan infrastruktur khusus penimbunan jalan desa.

    Karena akses jalan menuju pemukiman penduduk desa sangat penting pendukung lajunya prekonomian desa. Maka dari itu Pemerintahan Desa Handil Sohor memprioritaskan penimbunan jalan-jalan desa diwilayahnya agar sektor perkebunan maupun pertanian mudah dilewati dengan kendaraan.

    Kepala Desa Handil Sohor, Bahrudin, ketika dikonfirmasi beritasampit di Kantornya, Selasa (14/3/2017) mengatakan, untuk prioritas pembangunan wilayah desa khusus pada insfrastruktur penimbunan jalan desa yang merupakan akses utama bagi masyarakat desa. Itu juga katanya, mengacu pada hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa( Musrenbangdes) 2016 lalu.

    Kemudian menggunakan dana desa untuk prioritas pertama, penimbunan lanjutan jalan Desa Handil Sohor yang sudah bersiring panjang 600 meter di Rt ll. Prioritas  kedua, penimbunan jalan Perkapen panjang 1,5 kilometer di Rt 7 dan Rt 13. Ketiga, penimbunan jalan Trans jalur lima, panjang 500 meter di Rt 10 dan Rt 14/ Rw lV. Ke empat, penimbunan jalan Simpang Binjai panjang 600 meter di Rt 6.

    Lanjutnya, kelima, penimbunan halaman sekolah TK/PAUD Al-Muhajirin di lokasi Trans Rt 14, menggunakan Dana Bantuan Kabupaten ( DBK) atau hasil Pajak. Sedang ke enam, pembangunan Balai Pertemuan, dan pemeliharaan jalan Desa Handil Sohor panjang 4 kilometer masing-masing menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD), termasuk honorer guru TK, PKK, Karang Taruna, Posyandu, lainnya, operasional pemerintahan desa dan Siltap

    Ditambahkan Sekretaris Desa Handil Sohor, Azis Muslim, untuk pelaksana kegiatan dan perincian dana anggaran masing-masing kegiatan masih menunggu penyesuaian desain Rencana Anggaran Belanja(RAB). Untuk APBDes sudah tersusun namun belum sempurna masih ada yang harus diperbaiki.

    “Kalau pelaksanaan belum bisa memastikannya karena menunggu transfer pusat dari APBN 2017 kerekening desa. Kalau tahun lalu masuk rekening sekitar Mei, dan Juni sudah pencairan. Ya, mudah – mudahan aja masuknya dana pusat itu lebih cepat agar kegiatan pembangunan didesa juga cepat berjalan,” harapnya.

    Untuk di ketahui, pagu APBDes 2017 Desa Handil Sohor sebesar Rp 1.701.073.000, diasup dari Dana Desa (pusat) Rp 887.433.000, kemudian dari Alokasi Dana Desa (ADD) atau sharing kabupaten Rp 771.772.000, bagi hasil pajak Rp 31.016.000, dan retribusi daerah Rp 10.852.000.
    (mar/beritasampit.co.id)