Menyeramkan, Pustu Rusak Dan Ditumbuhi Semak Belukar

    SAMPIT-Miris melihat Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Desa Parit, Kecamatan Cempaga Hulu ini. Selain kondisi fisik bangunannya yang terabaikan, bangunan semi permanen ini di kelilingi Semak rerumputan seakan tidak pernah tersentuh tangan manusia untuk merawatnya.

    Dari pantauan lapangan oleh beritasampit.co.id Rabu 15/3/2017 pagi tadi. Selain terlihat kotor dan acak-acakan, kondisi Pustu yang baru berusia beberapa tahun setelah di bangun ini sudah mulai rusak dibagian kaca-kaca depannya terlihat pecah sedangkan bagian plafon atasnya sudah seperti termakan usia.

    Francausen salah satu mahasiswa Universitas Palangkaraya yang juga warga desa setempat dibincangi di lapangan mengatakan, memang sejauh ini Pustu tersebut belum pernah dirawat.

    “Selama ini saya belum pernah melihat dirawat, jangankan memperbaiki, membersihkan rumputnya saja tidak pernah, kita lihat saja kondisinya,” ungkapnya.

    Dia menambahkan sejauh ini kegiatan baik tentang kesehatan baik imunisasi dan lain sebagainya dilakukan di Puskesmas yang hanya berjarak tiga sampai empat meter dari samping bangunan tersebut.

    Tidak hanya itu, falsilitas seperti toilet (WC) yang juga dibangun menggunakan anggaran milik Negara itupun sama halnya tidak dirawat dengan baik.

    Hal ini juga sangat disayangkan oleh mahasiswa FKIP Unpar ini. “Bukan berapa nilai uang negara yang habis. Tetapi sangat sayang bangunannya, suatu saat kita semua pasti membutuhkan bangunan itu terutama saat penyuluhan dari Dinkes dan sebagainya datang ke kampung ini,” ucapnya.

    Sejauh ini pantauan tadi pagi memang masih belum terlihat aktifitas di Puskesmas tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
    (drm/beritasampit.co.id)