Yusup Roni: “Rakyat Menunggu Uluran Tangan Pemerintah dalam Memberikan Keadilan”

    KASONGAN -Merupakan ​aktivitas tahunan masyarakat petani Dayak di Kalimantan Tengah pada umumnya dan warga Dayak Uut Danum dipedalaman Katingan-Samba secara khusus Ngumo (berladang).

    Memasuki bulan maret para petani mulai panen mengetam padi diladang masing-masing hal tersebut salah satunya di desa Nusa Kutau yang terletak dipinggir jalan antar desa Habangoi Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan.

    Menurut Kepala Desa Habangoi Yusup Roni Hunjun Huke, S.Pd saat dirinya meninjau progres pembangunan atau peningkatan jalan negara di kecamatannya. 

    “Saya melihat padi menguning dengan subur saat itu dipinggir ladang ada Puduk (gubuk) mereka paman saya yang berladang disitu, saya berhenti dan bertanya “bagaimana hasil ladang tahun ini paman-bibi?” mereka menjawab “lumayan bagus dari tahun sebelumnya,” ucap Yusup Roni dengan beritasampit. (16/03).

    Dirinya mendengarkan jawaban tersebut tersenyum senang.

    “setidaknya tahun ini panen padi masyarakat kami bisa buat mereka bertahan ditengah harga yang kadang tak bersahabat dan usaha yang kadang tak menentu,” lanjutnya.

    Yusup Roni yang juga mantan ketua GMNI tersebut berharap semoga tahun-tahun selanjutnya panen tetap baik seperti ini dan ada usaha menetap bagi warganya yang rata-rata tidak punya mata pencaharian menetap dan kehidupan yang rata-rata menengah kebawah.

    “semoga para pengambil kebijakan seperti eksekutif-legislatif bisa memberikan solusi lapangan pekerjaan bagi rakyat yang terus berharap dan menunggu uluran tangan pemerintah terhadap jalan keluar memenuhi sandang, pangan dan perumahan yang layak serta berkeadilan,” pangkasnya.

    (Kwt/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)