​Desa ini Angkut 1 Ton Perhari Sampah, Bagaimana Pengelolaanya ?

    SAMPIT – Desa Pundu merupakan salah satu desa maju yang berada di jalur trans Kalimantan yakni Kabupaten Kotawaringin Timur-Palangka Raya. Desa ini berada atau terpusat di tengah jalur trans Kalimantan yang tidak jauh berbatasan dengan Kabupaten Katingan.

    Hebatnya, desa yang berada di Kecamatan Cempaga Hulu ini, juga dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit yang berinvestasi diwilayahnya. Tentu saja dengan tingkat penduduk yang tinggi tidak kurang dari 3800 jiwa penduduk lokal, kebutuhan masyarakatnya juga akan mengikuti. Seiring dengan itu, sampah yang ada juga akan banyak dan terus meningkat.

    Kepala Desa Pundu, Sugianto mengatakan, jumlah sampah yang diangkut oleh tim sapu bersih sampah di desa nya hampir rata-rata 1 ton perhari. Bayangkan saja betapa majunya perekonomian desa ini. Dengan diangkut oleh 4 orang pekerja dan satu supir pick up serta 1 tukang sapu jalan, sudah cukup untuk membersihkan seputaran wilayah Kota Pundu ini.

    Melalui operasal dari swadaya masyarakat dengan tebusan karcis, serta mobilisasi sampah yang dianggarkan melalui
    APBDes dari pendapatan lain-lain desa diluar Dana Desa dan Anggaran Dana Desa, tentu akan meningkatkan kebersihan desa setempat setiap harinya. Namun masalah yang dihadapi saat ini adalah terkait pengelolaan sampah itu sendiri.


    “Desa Pundu untuk pengelolaan sampah terpadu masih tahap pengusulan kepada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kotim. Mudah- mudahan bisa terealisasi dengan cepat sehingga bisa kita manfaatkan sampah organik dan anorganiknya. Kami juga berharap perusahaan besar yang berinvestasi di wilayah Pundu bisa membantu kami dalam hal pengelolaan sampah ini nanti,” ujar Sugianto, (19/3/2017).
    Sementara tidak hanya sampah, ibu-ibu PKK Desa Pundu diakhir pekan juga berkumpul membuat kerajinan tangan serta pernak-pernik lainnya. Disamping itu Jumat bersih juga terus digalakan. Hingga kini, Desa Pundu masih terus berjuang agar masyarakatnya dapat terus sejahtera, aman dan nyaman.

    (raf/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)