​Dishub Kobar ke Solo, Ngapain?

    PANGKALAN BUN – Dinas Perhubungan (Dushub) Kabupaten Kotawaringin Barat baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah. Dimana rombongan Dishub Kobar ini belajar terkait penanganan parkir dan lalulintas.

    Kepala Dishub Kobar, Petrus Rinda saat dibincangi beritasmpit Kamis (23/3/2017) mengatakan bahwa kunjungan kerja ke Solo bertujuan untuk belajar soal parkir. Karena di kota besar seperti Solo parkir bisa tertata rapi dan bisa menghasilkan pendapatan asli daerah yang besar.

    Maka dari itu, Dishub Kobar pun ingin mengetahui sejauh mana dari Pemkab setempat bisa menata hingga sedemikian rupa bisa rapi. Serta pantauan lalulintas yang sudah diterapkan di Solo cukup canggih.

    “Kami disana belajar banyak hal. Selama tiga hari di Solo belajar dan kita disini tidak ada apa-apanya,” Kata Petrus Rinda. Rombongan Dishub belajar soal parkir, pantauan lalu lintas yang dimiliki dishub, kemudian ditemukan dengan asosiasi parkir pengaturan traficc light, marka jalan dan masih banyak lagi.

    “Hebatnya penataan parkir disana meski begitu luas tapi tertata. Karena disana ada asosiasianya. Bahkan di Solo petugas parkir menggunakan seragam khusus,” ujarnya. Secara perlahan, tambah Petrus apa yang dipelajari di Solo akan diterapkan di Kabupaten Kobar.

    Sehingga kedepan bisa lebih baik lagi. Serta hal utama yakni pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir setiap tahunya bertambah. Hal itu juga butuhkan komunikasi dan komitmen antara Dishub dan pengelola parkir.

    “Memang yang paling utama bagaimana kita bisa meningkatkan PAD kita. Kami yakin berbekal belajar di Solo, tentu bisa melampaui target PAD di Kobar. Karena ada beberapa ilmu yang kita dapat dan akan kita terapkan,” beber Petrus.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)