​DPRD Akan Tinjau Pengelolaan Limbah RSUD dr Murjani Sampit

    SAMPIT – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur akan segera meninjau penglolaan limbah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Murjani Sampit.

    Menurutnya, pada saat kunjungan kerja ke Medan Sumatera Utara, pihaknya mempelajari pengelolaan limbah. Rudi menyampaikan kepada beritasampit.co.id secara terpisah, bahawa mereka akan tinjau bagaimana pengelolaan limbah rumah sakit, apa kah sudah memenuhi setandar dan kelayakan.

    “Nanti sepulang dari kunker ini, kami dari Komisi II dan bersama komisi terkait akan meninjau bagaimana pengelolaan limbah rumah sakit yang ada di Sampit,” ujar Rudi Kamis, (23/3/2017).

    Karena lanjut Rudi, bahwa pihaknya selaku DPRD belum tau selama ini bagaimana pengelolaan limbah rumah sakit dr. Murjani Sampit. Rudi hawatir jika limbah rumah sakit selama ini dikelola tidak sesuai prosedur dan menyalahi aturan.

    “Bisa saja dibakar itu berati menyalahi aturan permen No 5 tahun 2014 tentang lingkungan hidup,” kata Politisi Partai Golkar tersebut.
    Rudi mengharapkan limbah rumah sakit di Sampit nantinya dapat menerapkan sistem yang sudah mereka lihat di Mendan, yaitu dengan sistem penyaringan atau disebut baku mutu limbah.

    “Kami berharap nantinya rumah sakit seperti RSUD dr. Murjani di Sampit dapat menerapkan sistem baku mutu, yaitu pengaliran limbah yang disaring sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan masyarakat sekitar,” jelas Rudi.

    (fzl/beritasampit.co.id)