​WOW…Pangkalan Bun Gelar Reog Ponorogo Singo Borneo Manunggal se Kalteng

    PANGKALAN BUN – Dalam rangka melestarikan kesenian Reog Ponorogo, Paguyuban Singo Borneo Manunggal menggelar Gebyar Reog Ponorogo di lapangan balai Desa Kumpai Batu Atas. (26/3/2017).

    “Semacam paguyuban dari beberapa kelompok seni dari Pangkalan Lada, Kumpai Batu Atas, juga dari Lamandau sana. Dari Sampit tidak datang karena ada halangan.” ugkap Manto selaku Ketua Panitia Gebyar Reog di Desa Kumpai Batu Atas.

    Gebyar Reog Ponorogo ini digelar estafet setiap 3 bulan sekali secara arisan ke setiap anggota Paguyuban Singo Borneo Manunggal se Kalimantan Tengah.

    “Paguyuban Reog semuanya se Kalimantan Tengah digabung dalam Paguyuban Singo Borneo Manunggal. Ini terdiri dari 8 paguyuban diantara paguyuban Singo joyo, Putro joyo, Singo Manunggal, Singo lundro, Singo Udoyo, Singo Lawu.” tutur Turimin Ketua Kesenian Singo Borneo Manunggal.

    Sebelumnya, pada Desember lalu (2016) Kesenian reog telah digelar di desa Sumber Agung, Kotawaringin Barat dan rencananya setelah dari desa Kumpai Batu Atas, kedepan pada bulan Juli 2017, paguyuban Singo Borneo Manunggal akan gelar kesenian Reog ini di Desa Kujan, Kabupaten Lamandau.

    (Gb/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)