​Saatnya Pemuda Jadi Pengusaha

    SAMPIT – Kalau menyangkut yang namanya Pemuda jarang ada yang berfikir menjadi pengusaha dan kadang hanya terfikir fokus mencari pekerjaan.

    Memang dalam usaha banyak yang diperlukan, mulai dari modal hingga mental serta niat harus ada sehingga bisnis yang mau dikembangkan akan jalan.

    Seperti di Kotawaringin Timur, sangat jarang peminat anak muda yang ingin jadi pengusaha, pasti setelah lulus menempuh pendidikan niatnya pasti mencari pekerjaan hingga gonta ganti perusahaan.

    Apalagi dijaman serba sulit sekarang, sangat susah mencari pekerjaan sehingga anak mudak harus berfikir kreatif dalam menyongsong masa depan hidupnya.

    Seperti kisah perjuangan anak perantau tranmigrasi Timor-Timor ini merintis karir sebagai pengusaha muda di bidang bisnis minimarket, Rui Joaqoim Mandonca atau yang lebih akrab disapa Rui.

    Diusia yang terbilang muda 29 tahun Rui sudah bisa mendirikan minimarket yang berada di Jl. Tidar Kelurahan Baamang Bart Kecamatan Baamang dan dibernama Tidarmart.

    Rui yang juga malang melintang sebagai aktivis di berbagai organisasi tersebut mengungkapkan dan mengisahkan perjuangan hidupnya hingga sampai sekarang, mulai tidak memiliki apa-apa hingga memperoleh kesuksesan.

    “Semuanya harus dimulai dari kerja keras, apa pun yang bisa dikerjakan selagi menguntungkan kita kerjakan, sesuai kemampuan kita,” ujar Rui, Selasa (28/3/2017).

    Memang lanjut Rui, semua dimulai dari bekerja tetapi kita harus memikirkan bagaimana kita sukses kedepannya, ” tidak mungkin kan kita jadi kariawan terus, jadi kita harus pintar memanfaatkan waktu semuda mungkin agar bisa sukses dengan usaha sendiri,” ujar Dia

    Rui berharap pemuda di Kotim dapat berfikir lebih kreatif dan dapat bekerja keras hingga meraih kesuksesan sedini mungkin.

    “Fokusnya kita pada moto kita, harus kemana. Kalau memang ada yang kita kejar, pasti kita akan berjuang mengejar mimpi itu, tetapi kalau niat tidak ada selamanya kita hanya akan jalan ditempat,” ujar lelaki yang baru menikah 3 tahun yang lalu itu.

    Pemuda harus semangtnya tinggi dan juga pastinya harus sukses sedini mungkin,”Saatnya pemuda jadi pengusaha, bukan jadi pekerja,” ucapnya

    Dari hasil kerja kerasnya Rui sudah memiliki Rumah, mobil dan sekarang merintis usaha mini market yang beromset puluhan juta rupiah perbulannya.

    (fzl/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)