​WOW…Dinas PUPR Anggarkan Rp70 Miliar Untuk Perbaikan Lingkungan di 6 Kecamatan Lho !

    PANGKALAN BUN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), melalui Bidang Cipta Karya tahun 2017 telah menganggarkan sekitar Rp70 miliar untuk memperbaiki kualitas lingkungan di 6 Kecamatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

    Anggaran tersebut naik dibanding tahun lalu yang hanya sebesar Rp60 milair. “Sesuai dengan bidang yang kami tangani tahun 2017 ini yakni fokus menangani jalan dan drainase di lingkungan pemukiman,” jawab Kabid Cipta Karya Dinas PUPR kobar, Alfa Husein, saat dibincangi beritasampit.co.id, Jumat (31/3/2017).

    Menurutnya, program penanganan pengaspalan jalan di perumahan dan drainase lingkungan merupakan lanjutan dari program tahun lalu di enam kecamatan.

    “Anggaran tersebut, nanti dibagi sesuai dengan porsi ditiap kecamatan. Paling tinggi usulan untuk pembenahan lingkungan yakni di Kecamatan Arut Selatan dan yang paling kecil di Arut Utara,” imbuh Alfa Husein.

    Menanggapi target tahun 2019 di Kabupaten Kobar, akses layanan air minum nasional, harus mencapai 100 persen, nampaknya pesimis.

    “Kabupaten Kotawarigin Barat pesimis akan mencapai target terbukanya akses layanan air minum bagi masyarakat, mengingat minimnya anggaran untuk pencapai dan masih luasanya jangkauan pembukaan akses tersebut,” jawab Alfa.

    Dikatakannya, sesuai amanat yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, dimana akses layanan air minum nasional di akhir tahun 2019 harus mencapai 100 persen, dan hal itu membutuhkan pendanaan yang sangat besar.

    “Kalau anggaran Rp 70 miliar,itu lain lagi bukan untuk program layanan air minum. Namun kami terus berupaya meski anggaran sangat minim sekali untuk mencapai target, anggaran sebesar Rp 3 milyar dari Dana Alokasi Khusus harus terbagi bagi,” katanya.

    Ditahun 2017 menurutnya, dana Rp 3 milyar tersebut untuk tiga Kecamatan yakni Kecamatan Arut Selatan, Arut Utara dan Kecamatan Pangkalan Banteng.” Ditahun 2018 nanti, kita dapat bantuan dari Propinsi Kalteng untuk pemenuhan air minum di Desa Amin Jaya Kecamatan Pangkalan Banteng”,beber Alfa Husein.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)