​Permainan Balogo Ramaikan Festival Habaring Hurung

    SAMPIT – Permainan Bologo adalah salah satu cabang permainan tradisional yang selalu dilombakan di tiap penyelenggaraan Festival Budaya daerah di Kalimantan Tengah.

    Cabang olahraga permainan ini, seluruh peserta menyertakan tim perwakilannya baik putra maupun putri dari setiap wilayah.

    Permainan Balogo memang selalu mendapat perhatian antusias dari kontingen seluruh daerah. Hal tersebut wajar, mengingat tradisi permainan mengarahkan potongan batok kelapa dengan pemukul kayu sederhana ini ada di segenap penjuru wilayah Kalimantan.

    Permainan Balogo yang sepintas tampak sederhana ini, ternyata mengandung mitos sekaligus filosofi yang luhur sebagai tradisi permainan yang diwariskan nenek moyang Suku Dayak Kalimantan.

    Tradisi permainan Balogo memang ada hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah kendati tidak diketahui jelas sejak kapan tradisi itu mulai berjalan. Dimasyarakat setempat,  permainan ini bersifat musiman. Biasanya digelar setelah masa panen padi dan upacara Tiwah.

    Di Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah permainan balogo dijadikan salah satu pertandingan dalam festival budaya yang dinamakan festival Habaring Hurung yang setiap tahun diselenggarakan.

    Seperi yang diselenggarakan pada hari ini Minggu, 2/4/2017 di taman kota Sampit, balogo di ikuti puluhan peserta dari kecamata, sekolahan dan masyarakat umum.

    Pada pagelaran tersebut salah seorang peserta Adi (32) dari Kecamatan Baamang mengungkapkan bahwa dia mengeluhkan logo yang disedikan panitia kurang bagus sehingga mengurangi kemahirannya dalam bermain logo.

    “Saya setiap tahun ikut mewakili kecamatan, tetapi sayangnya logo yang saya pakai kurang bagus jadi agak susah saya dalam bermain. Tetapi inikan kebijakan dari panitia, lanjut Adi, jadi saya selaku peserta tetap mengikuti aturan yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

    Selain balogo festival budaya ini juga ada perlombaan lainnya seperti karungut, tarian daerah bahkan lomba tradisional seperti bagasing juga dihadirkan.

    (fzl/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)