​1.284 Siswa SMKN di Kobar Ikut Ujian Nasional

    PANGKALAN BUN – Sebanyak 1.284 siswa SMK di Kabupaten Kotawaringin Barat mengikuti Ujian Nasional (UN), dari jumlah tersebut sebanyak 218 siswa mengikuti ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kobar, Aida Lailawati mengatakan untuk tahun ini ada tiga sekolah yang mengikuti UNBK yakni SMKN 1, SMKN 2 dan SMK Muhamadiyah.

    “Untuk SMKN 2, ruagannya masih pinjam di SMAN 1. Diharapkan tahun depan sudah memiliki ruang sendiri. Selain SMKN 2 juga SMK Harapan untuk tahun depan diupayakan memiliki ruangan dan perangkat untuk UNBK, untuk tahun ini SMK harapan belum mengikuti UNBK,”. Kata Aida Lailawati kepada beritasampit.co.id, Senin (3/4/2017).

    Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pangkalan Bun, Fatson mengatakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun 2017 ini merupakan pertama kali diikuti. Sedangkan dalam ujian tersebut pihaknya masih meminjam ruangan komputer yang ada di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.

    Menurutnya dalam pelaksanaan ujian ini dilaksanakan selama 4 hari, sedangkan mata pelajaran yang di ujikan terdiri dari bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan.

    Fatson juga menambahkan bahwa berdasarkan juknis, hasil ujian nasional kali ini tidak mempengaruhi dengan kelulusan siswa, namun lebih pada pemetaan mutu dan kualitas sekolah.

    Sedangkan untuk menentukan kelulusan siswa yaitu lebih pada Ujian Sekolah maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional, dimana nilai untuk menentukan siswa lulus atau tidak minimal harus sesuai dengan Ketuntasan Minimal atau KKM.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)