​HEBAT…Pulau Hanaut Juara 1 Lomba Masak Festival Budaya Habaring Hurung 2017

    SAMPIT – Kecamatan Pulau Hanaut meraih juara 1 lomba masak menu tradisional khas daerah Kalimantan Tengah pada ajang pergelaran Festival Budaya Habaring Hurung 2017.

    Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kabupaten Kotawaringin Timur di Taman kota Sampit, benar-benar memberikan inspirasi bagi kaum ibu-ibu khususnya bagi PKK Kotim.

    Kecamatan Pulau Hanaut mampu meraih predikat juara pertama yang menyisihkan 17 Kecamatan se Kotim, Minggu (2 /4/2017). Rasa bangga dari kelompok tim PKK Pulau Hanaut. Mereka bersyukur atas keberhasilan timnya yang selama ini aktif berbagai kegiatan.

    Tentunya, tak lepas dari kepemimpinan Camat Pulau Hanaut yang baru. Salah satunya kegiatan tim PKK bergerak maju selalu aktif dan turut menyemarakan lomba masak tradional pada ajang Festival budaya Habaring Hurung.

    Ketua tim penggerak PKK Kecamatan Pulau Hanaut, Hj Siti Priana Robama Masyami ketika dikonfirmasi beritasampit.co.id Senin(3/4/2017) mengatakan sangat bangga mendapatkan juara pertama dalam lomba masak tradisional yang digelar di taman kota Sampit pada Minggu kemarin.

    Keberhasilan meraih juara katanya karena kekompakan kekompak timnya dalam menyajikan kuliner has daerah tersebut. “Berkat kekompakan dalam tim kita berhasil meraih juara pertama,” ucapnya penuh bangga.

    Kekompakan ini tergambar sekitar empat bulan berjalan dalam masa jabatan itu, Siti Priana Robama Masyami yang akrab disapa Ema selalu piawai menggerakan tugas PKk yang diembannya. Dimana yang dulunya kelompok PKKnya sempat stagnan. “Itu juga atas kebersamaan dan kerja keras tim sehingga kita bisa meraih juara,” ucapnya merendah.

    Sementata penganan yang dibuat oleh kelompok PKK Pulau Hanaut adalah sayur pucuk kunjui betutuk rembang pipit, sayur kaluk nyiur, wadi nila, otak-otak ikan jelawat, abon ikan gabus, kerupuk jelawat, pakasam undang.

    Harapan kedepannya agar masakan khas bisa dikenal lebih luas lagi.

    Untuk masakan unggulan kreasi baru Kecamatan Pulau Hanaut  yakni

    1. Pekasam dengan bahan udang kecil-kecil difermentasi selama dua hari.

    2. Ikan Wadi dengan bahan ikan basah dicampur dgn beras yg di goreng dan tumbuk kasar. Didiamkan selama selama 2 hari.

    3. Sayur kaluk nyiur, dengan bahan kelapa muda yang belum ada isinya .

    4. Sayur umbut pekat dengan bahan umbut pekat kanas dan ikan.
    Selain itu, acara yang dilaksanakan mulai Minggu ( 2/4/2017) itu juga berbagai kegiatan acara yang digelar diantaranya, lomba masakan tradisional, lomba menyipet, lawang sakepeng, bayang atau bagasing, balogo, maneweng manetek dan manising (Menebang, memotong dan membelah).

    Acara yang dibuka langsung oleh Bupati H Supian Hadi S.Ikom, Sabtu (1/4) malam berlangsung meriah. Kegiatan tahunan itu akan terus digelar dan dilestarikan menjadikan khusus kotim dan umumnya Kalteng sebagai tempat tujuan wisata bagi para wisatawan lokal, Nasional maupun Mancanegara.

    (mar/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)