​Pesawat Terjungkang Saat Bongkar Muat Barang, Tebak Kenapa ?

    TERJADI Insiden kecil di Apron II Bandar Udara Wamena Jalan Gatot Subroto Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Pesawat Boeing 737-301 FPK-YGG yang diawaki oleh Pilot Gatot dan Co Pilot Wahyu terjungkang kebelakang sekira pukul 17.25.WIT, Senin (3/4/2017) sore.

    Pesawat milik TRI-MG Asia Airlines ini terjungkang saat melaksanakan bongkar muatan barang jenis sembako dan bahan bangunan.

    Kronologis kejadian pada pukul 17.20 WIT, Pesawat TRI MG Asia Airlines jenis Boeing 737-301 FPK-YGG yang diawaki oleh Pilot Gatot dan Co Pilot Wahyu landing di Bandar Udara Wamena dalam keadaan aman.

    Selanjutnya menuju sampai menuju Apron II untuk melaksakan bongkar muat, sekira pukul 17.25 WIT, Pesawat round (parkir) dan sedang bongkar muat barang dari pesawat.


    Pada saat bongkar muat, tiba-tiba muatan berupa semen dan beras yang berada diatas pallet yang berada dibadan pesawat meluncur ke bagian ekor pesawat. Hal itu karena licinnya bagian badan pesawat akibat tertumpahnya salah satu minyak goreng di dalam pesawat.

    Sehingga mengakibatkan bagian depan pesawat terjungkang keatas dan ban depan pesawat terangkat serta ekor pesawat menyentuh landasan.

    Setelah itu, pada pukul 17.30 WIT, awak cabin yang dibantu oleh personel Pam Bandara langsung mengangkut barang yang berada di dalam pesawat, sehingga pesawat kembali ke posisi semula (normal).

    Akibat dari kejadian tersebut, terjadi kerugian materiil yakni pesawat mengalami kerusakan dibagian ekor akibat insiden. Sedangkan kerugian personil nihil.

    (ist/beritasampit.co.id)