​Apa Kabar Gaji Guru Honorer Kabupaten Kapuas ?

    KUALA KAPUAS – Pembayaran gaji guru honorer di Kabupaten Kapuas sejak akhir Januari 2017 hingga sampai saat ini tidak menemukkan titik terang. Pasalnya seluruh guru honorer yang ada di Kabupaten Kapuas tidak sepeser pun menerima gaji.

    Kepala SMKN 1 Kuala Kapuas, During mengatakan untuk pembayaran gaji guru honorer sudah dianggarkan sejak 2016 dari Pemerintah Kabupaten, sebanyak 20% dari anggaran.

    Akan tetapi lanjutnya, karena adanya peralihan kewenangan ditingkat SMA/SMK yang ada di seluruh kabupaten, sehingga kewajiban pembayaran gaji guru honorer tersebut bukan lagi menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten.

    “Yang membingungkannya lagi, berdasarkan yang disampaikan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran bahwa gajih guru honor ini masih ditanggung oleh kabupaten,” ucapnya, Jumat (7/4/2017).

    Kemudian kata During, akibat saling lempar tanggung jawab ini dan tidak ada kejelasannya, akhirnya sejak akhir Januari sampai sekarang untuk guru honorer yang ada di Kabupaten Kapuas tingkat SMA/SMK tidak diberikan gaji.

    “Walaupun begitu, saya tetap mengapresiasi guru-guru saya disini. Kedati tak digajih mereka tetap mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” sahutnya.

    Terlepas dari hal itu, During mengharapkan agar pembayaran gaji guru honor agar secepatnya diselesaikan, karena katanya guru honor merupakan salah satu elemen penting yang mendorong kemajuan dunia pendidikan. “Kalau bisa gaji guru honor itu secepatnya dibayar,” pungkasnya.

    (hd/beritasampit.co.id)

    (Visited 5 times, 2 visits today)