​Dari Pawai Budaya Hingga Berantas Narkoba, Begini Kata Darwandi

    KUALA KAPUAS – Festival Pawai Budaya yang dilaksanakan oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kapuas, mampu menghipnotis ribuan masyarakat setempat. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang turut mendukung suksesnya kegiatan tersebut, Jumat (7/4/2017).

    Dikatakan Ketua DKD Kabupaten Kapuas, Darwandi, pada Pawai Budaya tersebut diharapkan dapat memberikkan motivasi kepada masyarakat untuk mempelajari, menjaga, serta mengembangkan budaya-budaya lokal milik bangsa Indonesia dari berbagai ragam suku bangsa.

    “Dari kegiatan tersebut, kita sudah lihat bagaimana keindahan tarian-tarian tradisional, keunikkan pakaian-pakaian adat serta berbagai macam pertunjukkan yang sangatlah menghibur, oleh karena itu kearifan serta keberagaman budaya lokal haruslah kita jaga,” ungkap Darwandi.


    Darwandi juga mengajak kepada seluruh generasi pemuda agar berperan dalam rangka mengembangkan budaya-budaya lokal. “Pawai budaya ini juga sebagai sarana edukasi bagi generasi muda agar dapat memahami dengan betul tentang kebudayaan serta keberagaman, kalau bisa juga langsung ikut serta,” tekannya.

    Disatu sisi, lanjut Darwandi, festival pawai budaya tersebut juga diharapkan mampu mempersatukan keberagaman suku bangsa yang ada di Kabupaten Kapuas. “Melalui kegiatan ini, kita juga mengharapkan agar dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahmi lintas etnis dan suku budaya yang ada di Wilayah Kabupaten Kapuas,” ungkapnya.

    Darwandi berencana, kedepan DKD Kabupaten Kapuas bisa menyelenggarakan pembinaan kepada seluruh generasi muda yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan kebudayaan. “Supaya mereka para generasi muda tidak terhegemonikan akan budaya-budaya yang bersifat merusak, seperti Narkoba dan pergaulan bebas,” pungkas Darwandi.

    (hd/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)