​Awas PSK di Kotim Banyak Mengidap Virus HIV…!

    SAMPIT – Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kotawaringin Timur (Kotim) terdata sekitar 275 orang yang berada di tiga lokalisasi resmi.

    Lokalisasi tersebut terdiri dari di pal 12 Pasir Putih Kecamatan Mentawa Baru Ketapang berjumlah 190 orang, 62 orang di Mekar Jaya Kecamatan Parenggean, 23 di Tangar Kecamatan Mentaya Hulu.

    Dari data yang di himpun dinas Kesehatan Kabupaten Kotim, ada sejumlah PSK di tiga tempat tersebut yang positif HIV, data dari tahun 2014 hingga 2017 di tiga lokalisasi tersebut pal 12 Kelurahan Pasir Putihlah yang banyak tertular virus mematikan itu.

    Dari hasil pereincian bahwa sejumlah 32 PSK di Pal 12 positif HIV dan disusul 9 orang di Mekar Jaya, dan terakhir data 2015 di Tangar terdapat 1 orang.

    Adanya program penutupan lokalisasi oleh pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah Kotim, hingga membentuk tim khusus demi menjalankan aksi penutupan tersebut. Hingga kini pmlemerintah daerah masih memikirkan solusi bagaimana supaya mereka yang mengidap virus HIV tidak berkeliaran.

    Pada saat rapat pembentukan tim penutupan beberapa hari yang lalu, ketua Majelis ulama Indonesia, KH Amrullah Hadi meminta kepada tim dan semua SOPD terkait untuk dapat mendata mereka yang mengidap virus HIV tersebut.

    “Saya minta SOPD terkait agar bisa mendata mereka. Tolong libatkan camat, lurah, kepala desa, suapaya apa? Supaya mereka setelah kita tutup lokalisasi mereka yang terkena penyakit tersebut tidak berekeliaran menyebarkan virus tersebut,” jelas Amrulah.

    Semua mereka itu harus didata khusus, lanjut dia, dan data-data mereka kita sebarkan ke setiap kecamatan, kelurahan dan desa-desa. “Itu supaya tahu dan penyebaran penyakit berbahaya tersebut tidak meluas,” pungkasnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)