​Festival Budaya Akan Menjadi Destinasi Wisata

    KUALA KAPUAS – Festival Pawai Budaya yang diselenggarakan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kapuas membuat masyarakat Kapuas berbondong-bondong berbaris dipinggiran Jalan dari Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kapuas hingga Gedung Olahraga (GOR), Jalan Tambun Bungai, Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.

    Terlihat berbagai macam pakaian adat yang dikenakan peserta pawai budaya pada saat itu, selain itu, peserta juga menampilkan berbagai macam pertunjukan yang sangat menarik seperti tarian-tarian tradisional Nusantara, pencak silat, keterampilan bahasa dayak dan berbagai macam pertunjukkan budaya-budaya Nusantara yang sangat menarik.

    Selain itu, peserta dari pawai budaya tersebut terdiri berbagai lapisan masyarakat, dari pelajar tingkat SMA, SMP, SD hingga TK, kecamatan dan desa, lembaga-lembaga dan Organisasi, serta Instansi lingkup Kabupaten Kapuas yang secara keaeluruhan mencapai 4.000 peserta.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mengucapkan rasa bangga serta mengapresiasi DKD Kabupaten Kapuas yang telah sukses menggelar festival pawai budaya pada hari ini. pasalnya, ungkap Ben, kegiatan festival pawai budaya tersebut baru pertama kali diselenggarakan di Kuala Kapuas.

    Selain itu, lanjut Ben, dirinya merasa kagum saat melihat pertunjukkan dari peserta festival pawai budaya tersebut. “Dalam pawai budaya ini pesertanya sungguh luar biasa,” ungkapnya.

    Ben berharap, dengan adanya festival pawai budaya ini, dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat baik yang ada di Kabupaten Kapuas maupun masyarakat yang ada diluar Daerah.

    “Rencananya nanti pawai budaya ini kita laksanakan setiap tahunnya secara terus menerus agar bisa menjadi pengenalan mengenai budaya-budaya lokal bagi masyarakat serta wisatawan baik diluar Daerah maupun Negara,” pungkasnya.

    (hd/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)