​Seekor Cicak Bisa Mematitotalkan Aliran Listrik PLN, Apa Sebab…?

    PANGKALAN BUN – Aliran listrik PLN mati total, penyebabnya bukan saja karena faktor alam. Tapi, penyebab lainnya juga bisa datang dari faktor binatang. Bahkan seekor cicak, juga bisa mematitotalkan aliran listrik PLN.

    Hal, tersebut terungkap saat Drie Alsi Laksana Majager PLN Rayon Pangkalan Bun, memberikan keterangan dan penjelasan, tentang berbagai factor penyebab sering mati mendadak aliran listrik PLN, kepada beritasampit.co.id, diruang kerjanya Senin (10/4/2017).

    “Selama ini, masih banyak warga konsumen PLN yang belum tahu, berbagai penyebab sering matinya aliran listrik PLN. Mereka tahu pada umumnya kalau ada kabel tersambar petir, atau pohon besar rubuh menimpa kabel. Tapi juga sejumlah binatang, seperti cicak, tikus, tupai, kera, bahkan ayampun bisa sebagai penyebab matinya secara total aliran listrik PLN,” ungkap Drie Alsi.

    Contohnya saja hanya seekor cicak, apa bila naik keatas tiang listrik kemudian,menyentuh dan masuk kepengaman kabel jaringan tinggi,maka akan menimbulkan poslet.

    ”Sama halnya dengan burung, tupai, tikus atau kera. Kalau Ayam,apa bila ada jaringan Induk satu areal/blok,yang dipasang dipojok tertentu,kemudian si Ayam masuk dan badannya menyentuh kejaringan Induk,itu juga bisa menmbulkan poslet, sehingga misal satu blok induk ada 300 konsumen,maka 300 konsumen mati total,” ujar Drie Alsi.

    Dijelaskan Drie Alsi, kinerja jajaran PLN sehari-harinya harus ‘siap-siaga’, tidak ada hari-hari penuh ‘santai’. Karena,sl setiap saat/waktu penuh dengan ancaman terhadap lajunya aliran listrik.

    “Ini hanya sekedar pemberitahuan saja kepada para konsumen, agar mereka sama-sama menyadari dan memaklumi. Bahwa penyebab sering matinya aliran listrik, karena banyak factor penyebabnya,” imbuhnya.

    Ditambahkan, misal sering mati listrik karena kekurangan daya,Kemudian pihak PLN sudah bisa meningkatkan daya.Kemudian datang lagi,gangguan lainnya,seperti ancaman alam,binatang,dan lain sebagainya.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 36 times, 1 visits today)