​Dinkes Kobar Berbagi Pengetahuan Bersama Puskesmas Lain di Kalteng, Ini Ceritranya…

    PANGKALAN BUN – Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, telah berbagai pengetahuan dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dibeberapa Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

    Karena Kabupaten Kobar saat ini telah menjadi rujukan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), bagi kabupaten lain di Kalimantan Tengah.

    Kabupaten Kobar sendiri, sebelum menjadi rujukan puskesmas lain di Kalteng, karena Kabupaten Kobar, telah meraih prestasi 5 Puskesmas ter akreditasi bahkan diantaranya berhasil mendapatkan tingkat Akreditasi Utama dan Paripurna.

    “Maka dengan bekal akreditasi FKTP, kita tidak bisa diam, kalau sudah dapat (akreditasi) ya harus berbagi. Berbagi yang di maksud adalah saling memberikan dukungan dengan pelatihan dan bimbingan untuk puskesmas lain di Kabupaten lainnya di Kalteng,” ungkap dr. Fachrudin Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kobar Sabtu (15/4).

    Menurut Fachrudin, dengan keberhasilan akreditasi tersebut pihaknya tidak lantas menutup diri. Mereka merasa memiliki kewajiban untuk saling berbagi pengetahuan terkait program akreditasi Puskesmas tersebut.

    “Sudah ada beberapa kabupaten di Kalteng  yang mereka datangi untuk dibimbing guna pelaksanaan proses akreditasi puskesmas, bahkan belum lama ini

    Sebanyak 42 orang dari 8 Puskesmas Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan kaji banding ke Kabupaten Kobar. Mereka berkunjung sekaligus belajar perihal akreditasi puskesmas,” katanya.

    Dijelaskannya,dalam kaji banding, harus saling berbagi dan belajar bersama karena dalam bidang kesehatan itu sifatnya dinamis sehingga harus terus diperbaharui semuanya.

    “Meski kita berhasil mewujudkan puskesmas terakreditasi, namun kita tetap wajib terus tumbuh dan berkembang dalam bidang kesehatan,” beber dr. Fachrudin.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)