​Mari Promosikan Wisata Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Tulisan

    Oleh: Aris Kurnia Hikmawan***

    Keluarga besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sampit mengadakan kegiatan wisata alam menyusuri sungai Mentaya yang merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Kotawaringin Timur, Sabtu (15/04/17).

    Kegiatan ini dilakukan agar menumbuhkan kecintaan para kader HMI terhadap alam sekitarnya yang merupakan bagian penting dari kesatuan hidup manusia.

    Juga dikarenakan kepedulian masyarakat Indonesia yang masih belum melek untuk mau menjaga dan merawat alamnya.

    Maka ini menjadi nilai tersendiri yang diharapkan kedepannya juga mampu mencegah kerusakan alam yang semakin marak terjadi akhir-akhir ini.

    Kebersamaan ini dilakukan setelah dilaksanakannya pelantikan pengurus HMI Cabang Sampit dan pengurus HMI Komisariat Ahmad Dahlan di aula Pemkab Kotim, Sabtu pagi.

    Para kader yang berasal dari berbagai macam daerah ini begitu menikmati keindahan alam yang disajikan di sepanjang pinggiran sungai yang berada di kota Sampit ini.

    Sambil menaiki kelotok yang merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang menjadi andalan di kota ini para kader HMI juga tidak lupa untuk mengabadikan momen penting mereka.

    Barang kali ini merupakan pengalaman pertama dan terakhir bagi mereka dikarenakan tidak semua kader ini berasal dari satu daerah yang sama.

    Terlebih salah satu kader yang juga merupakan pengurus besar himpunan mahasiswa Islam (PB HMI) yang menjadi salah satu tokoh penting pada hari itu merupakan kader yang berasal dari Ternate.

    Dengan kebersamaan yang terjaga baik menumbuhkan rasa tenggang rasa dan semangat gotong royong yang menciptakan kekeluargaan yang baik pula.

    Kegiatan yang di awali dengan mengunjungi icon jelawat yang terletak sangat strategis di pasar besar yang juga bersebelahan dengan pelabuhan Sampit ini menjadikan akses yang mudah bagi para kader untuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang untuk keluarga mereka di rumah.

    Setelah selesai berwisata alam para kader kembali pulang ke rumah mereka masing-masing dan kader yang berasal dari luar daerah kembali ke sekretariat cabang setelah menunaikan shalat maghrib berjamaah.

    Nah bagi masyarakat Kalimantan Tengah, sangat rugi apabila tidak menyempatkan diri ke Kabupaten Kotim, khsusnya melihat susur sungai Mentaya.

    Selain itu banyak objek wisata terdapat di kabupaten ini seperti wisata Patung Jelawat, Pantai Ujung Pandaran, Bundaran Burung, Islamic Center, Bahkan Air terjun merah serta riam di Tumbang Kalang.

    (Penulis adalah Kader HMI Komisariat FTIK IAIN Palangka Raya)

    (Visited 1 times, 1 visits today)