​1 Mei 2017, Sebanyak 1500 Buruh Menggelar Aksi Damai ke DPRD Kobar

    PANGKALAN BUN – Diperkirakan 1500 dari berbagai elemen buruh, Senin 1 Mei 2017, akan menggelar aksi damai ke Gedung DPRD Kabupaten Kobar. Aksi damai tersebut dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia yang dikenal “May Day”, serentak digelar seluruh Indonesia.

    Hal tersebut dikatakan Ketua DPC KSPSI Kobar, Kosim Hidayat,Sabtu (29/4) kepada beritasampit.co.id. Menurut Kosim Hidayat,aksi damai itu akan didahului dengan long march dari kantor DPC KSPSI Kobar di Jalan Malijo menuju ke Kantor DPRD Kobar yang berada di Jalan HM Rafii.

    “Yah, diperkirakan sekitar 1500 peserta dari berbagai elemen buruh di Kabupaten Kobar yang akan mengikuti kegiatan tersebut,” ungkapnya.

    “Massa buruh akan menyuarakan aspirasinya, beberapa poin penting terkait permasalahan yang dialami para pekerja,  agar mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dan juga para pemangku kepentingan dalam bidang ketenagakerjaan,” imbuh Kosim.

    Menurutnya, ada sekitar 13 tuntutan yang akan mereka suarakan, dan ada beberapa yang paling penting serta  harus menjadi perhatian oleh pemerintah, karena permasalahan buruh itu terjadi di Kobar.

    ”Angka tenaga tidak tetap menjadi tenaga tetap perusahaan, hentikan outsourching, tuntut kepesertaan BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan dari perusahaan. Tuntutan pemberian THR bagi seluruh pekerja sesuai dengan Kepmen Nomor 6 tahun 2016,” papar Kosim mengatakan sebagian tuntutan yang akan mereka sampaikan nanti.

    Ditambahkannya, yang saat ini sangat meresahkan para buruh di Kobar adalah penurunan status pekerja tetap menjadi pekerja borongan. Dan yang paling menyakitkan, adalah mutasi para pekerja yang usianya menjelang pensiun.

    ”Sudah sebagai pekerja tetap diturunkan jadi pekerja borong ini sangat menyengsarakan buruh, dan kebijakan mutasi pekerja menjelang mereka pensiun. Kalau menolak dianggap melanggar aturan hingga akhirnya pekerja tertekan dan terpaksa mengundurkan diri”,beber Kosim Hidayat.

    (man/beritasampit.co.id)