​Agus Yuwono : Mulai Agustus 2017, 4 PBS Siap Genjot Pembangunan Peningkatan Jalan Desa di Kecamatan Aruta

    PANGKALAN BUN – Mulai bulan Agustus 2017 ini, empat perusahaan besar (PBS) yang ada di Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kobar, siap menggenjot pekerjaan pembangunan akses Infrastruktur jalan, sepanjang 75 KM dan tidak tanggung-tanggung biayanya yang digelontorkan dari dana konsorsium perusahaan Rp 37 Miliar.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kobar,saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Kamis (6/7/2017). Menurut Agus, peran Pemkab Kobar pun, tetap ada yang dimulai pada tahun Anggaran 2018. Dan program peningkatan akses jalan di Kecamatan Aruta dibiayai dari Konsorsium, hal itu membuktikan perusahaan dan Pemkab Kobar semakin bersinergi membangun Kobar.

    “Pembangunan jalan sepanjang 75 km itu dimulai dari desa Sungai Daun sampai ke Pangkut, dan dari desa Panahan sampai simpang desa penyombaan, pembangunan jalan di Kecamatan Aruta bukan sampai pengaspalan hanya sampai penstabilan daya dukung jalan,dengan latrid dan lembah lembah di tinggalkan,” kata Agus Yuwono.

    Dia pun menjelaskan anggaran Rp 37 Miliar itu dengan hitungan untuk per Km nya menelan biaya sekitar Rp 500 juta /km. “Waktu pengerjaan tidak dibatasi mengingat yang dikerjakan cukup panjang, selain itu dihadapi dengan cuaca, karena kalau memasuki musim penghujan, pasti akan terkendala,” imbuh Agus.

    Sedangkan peranan Pemkab Kobar, menurut Agus Yuwono, tetap ada dan dimulai tahun 2018, dengan membangun gorong gorong dan jembatan.

    “Dalam pembangunan jalan perlu ada Komitmen dengan masyarakat, karena nantinya ada pelebaran jalan jadi masyarakat harus merelakan tanahnya jika terkena pelebaran jalan begitupun latrid yang akan digunakan nanti milik masyarakat, antara Pemkab Kobar dan perusahaan sudah berkomitmen membangun Kecamatan Arut Utara, tapi komitmen tersebut harus didukung masyarakat juga,” ungkap Agus Yuwono.

    (man/beritasampit.co.id)