​Program Budidaya Ikan Jelawat Perlu Ditingkatkan

    SAMPIT – Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Alexius Esliter, meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk serius dalam meningkatkan budidaya ikan jelawat.

    Sebab menurutnya, selama ini budidaya jelawat masih terbilang kurang maksimal. Sehingga perlu perhatian khusus dari dinas terkait.

    “Sebelumnya saya pernah melihat pembibitan ikan di Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Bagendang beberapa bulan yang lalu, memang menurut pengelola sistem budidaya jelawat yang paling sulit,” ujar Alex, Kamis (21/7).

    Budidaya jelawat harus memakai sistem pengairan pada kolam. Sebab jelawat hidupnya pada air mengalir seperti sungai. Jika dikembangkan memang perlu biaya yang tidak sedikit.

    Maka dari itu pihak dinas perikanan harusnya dapat memprogramkan budi daya jelawat kedepan supaya Kotim, jangan hanya mempunyai Ikonnya saja, akan tetapi budi daya ikannya harus dapat memenuhi kebutuhan pasar, sebab sekarang budidaya jelawat di Kotim msih dibilang minim. “Masa Kotim yang memakai Ikon jelawat masih memasok jelawat dari luar,” cetusnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)