​PWI Kalteng Segera Bentuk Program Beasiswa Bagi Wartawan yang Lulusan UKW

    Oleh : Maman Wiharja ***

    TIDAK BISA DIPUNGKIRI, seiring dengan semakin pesatnya arus globalisasi informasi, saat ini profesi wartawan di semua Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalteng, terus melejit. Agar dalam tugasnya lebih professional, perlu ada bimbingan teknis yang transfaransi dari organisasi kewartawanan, sebut saja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang menjadi pelindung anggotanya.

    Perlu diketahui, pengamatan penulis di semua kabupaten/kota wilayah provinsi Kalteng banyak wartawan-wartawan muda yang kreatif menulis,baik di media online maupun di media cetak. Namun, untuk menjadi anggota PWI, sesuai dengan peraturan baru, persyaratannya antara lain harus ‘sarjana’ atau stara (S2). Sementara, bila banyak wartawan muda (junior) di Kalteng,masih menyandang lulusan SLTA/Sederakat.

    Solusinya, PWI Kalteng segera bentuk program bea siswa bagi wartawan yang telah ikut dan lulus di Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Persyaratan untuk mendapatkan bea siswa. Seluruh wartawan, yang belum anggota PWI diikut sertakan UKW. Kemudian, setelah lulus UKW baru oleh PWI diprogramkan untuk mendapatkan besasiswa strata S2.

    Dan bagi wartawan yang telah menyandang S2 tersebut, otomatis didaftarkan menjadi anggota PWI. Pengamatan penulis, teman wartawan muda, bukan enggan untuk mengikuti UKW, mereka semua mau/siap. Tapi masalahnya, soal biaya UKW yang tahun dulu 2012 penulis ikut UKW di Palangkaraya, mengeluarkan biaya Rp 1.500.000,- belum termasuk biaya transportasi/makan/nginap ke Palangkaraya.

    Di PWI Kabupaten Kobar,angotanya yang telah menyandang lulus UKW,baru 6 orang,termasuk penulis. Nah, untuk mengatasi biaya,saya rasa tidak ada masalah. Kalau,masing-masing Ketua PWI Kabupaten/Kota, ada kemauan keras untuk mengajukan bantuan anggaran ke masing-masing Bupati/Wakil Bupatinya.

    Karena disetiap Kabupaten/ Kota se Provinsi Kalteng, paling banyak katakanlah 10 orang wartawan yang belum UKW dan menjadi Anggota PWI. Untuk 10 orang, tidak seberapa anggaran yang dikeluarkan Bupati. Sementara PWI Cabang Kalteng, untuk merealisasikan bea siwa bagi wartawan yang lulus UKW, sebagai persyaratan menjadi Anggota PWI.

    Bisa kerjasasama dengan Pemprov Kalteng, cq Bank Kalteng,atau sejumlah Perusahan Besar.Pengamatan penulis,Pak Sugianto Sabran, Gubernur Kalteng, pasti mendukungnya. Karena beliau, sejak jadi pengusaha dan wakil rakyat di DPR RI sangat akrab dengan para wartawan. SEMOGA….

    (Penulis adalah wartawan senior di Pangkalan Bun Kotawaringin Barat)