​Legislator Ini Bantu Tanaman Bibit Kelapa Darat 400 Hektare di Kobar dan Kotim

    PANGKALAN BUN – Berkat banyaknya aspirasi dari masyarakat, H. Hamdhani, SIP.MSos Anggota DPR RI, Perwakilan Kalteng, dalam waktu dekat siap akan membantu tanaman bibit kepala darat, seluas 400 Hektare di Kabupaten Kotbar dan Kotim-Kalteng.

    Menurut Hamdhani, aspirasi masyarakat selain meminta berbagai jenis tanaman pertanian pangan/holtikultura yang telah dipenuhi, juga banyak yang meminta bibit kelapa darat. “Aspirasi masyarakat petani untuk minta bibit kelapa darat juga, akan saya penuhi,” jawab Hamdhani, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Senin (7/8/2017).

    Dikatakan Hamdhani, seluas 400 hektar untuk lahan kebun kelapa darat, akan dibagi-bagi yakni untuk Kabupaten Kotim, di Desa Serambut, Kecamatan Pulau Hanaut, untuk areal seluas 175 hektare dan Desa Babirah Kecamatan Pulau Hanaut, seluas 25 hektare.

    Sedangkan di wilayah Kobar, bantuan tersebut diserahkan untuk Desa Kubu Kecamatan Kumai 74 ha, Desa Teluk Bogam Kecamatan Kumai 90 ha, Desa Bakau Kecamatan Kumai 20 ha dan Desa Sungai Umbang di Kecamatan Kumai seluas 16 ha.

    Dijelaskan Hamdhani, buah kelapa merupakan buah yang sangat berguna untuk menunjang ekonomi kerakyatan. Bahkan, pohon Kelapa darat kalau sudah cukup timggi, semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari.

    “Daunnya, dapat digunakan untuk membuat ketupat, Lidinya dan seratnya kelapa dapat dibuat sapu Pelepahnya untuk kayu bakar, batangnya untuk bangunan rangka bangunan. Batok kelapanya untuk kerajinan, juga kayu bakar, isi batoknya untuk Santen (Kara), bahkan air kelapanya sangat bermanfaat untuk kesehatan,” aku Hamdhani.

    Ditambahkan Hamdhani,tidak menutup kemungkinan kelak,apa bila dilahan 400 hektar sudah ditumbuhi kelapa darat dengan subur. Masyarakat petani kepala darat, di Kobar dan Kotim bisa mendirikan Pabrik Minyak Kopra Kelapa Darat.

    (man/beritasampit.co.id)