​Wabup Kotim: Jaga Kebersihan, Jangan BAB Sembarangan

    SAMPIT – Saat ini, di Kabupaten Kotawaringin Timur, masih banyak masyarakat yang buang air besar (BAB) ke sungai. Hal ini tentu saja menjadi perhatian Pemkab Kotim dalam meningkatkan kesehatan masyarakatnya.

    Berbagai upayapun terus dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat, seperti membangun toilet yang memenuhi ketentuan kesehatan serta menambah tempat pembuangan sampah. Begitu pula dengan sosialisasi yang setiap saat terus digencarkan seperti sosialisasi lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat.

    Wakil Bupati Kotim HM. Taufiq Mukri, Sabtu (12/8/2018) mengatakan lima pilar yang haus digalakan dalam hal kebersihan yakni stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun. Selain itu, mengelola air minum dan makanan dengan baik, pengelolaan sampah rumah tangga dengan baik dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan baik.

    “Ini bukan tanpa sebab. Berdasarkan data WHO, sanitasi di Indonesia merupakan terburuk kedua setelah India. Sehingga hanya sedikit lebih baik dibanding Kamboja dan Timor Leste,” terangnya. Ditambahkan bahwa sanitasi yang buruk bisa mempengaruhi perkembangan anak, salah satunya diindikasikan kekerdilan.

    (raf/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)