Mantap…PT. Astra Agro Lestari Borneo 1 Melalui Konsorsium Bangun Jalan Desa 33 KM

    PANGKALAN BUN – Akhirnya menjadi kenyataan, komitmen yang disam paikan PT. Astra Agro Lestari Borneo 1 (Astra Group), kepada Pemkab Kobar siap untuk membantu membangun jalan desa panjang sekitar 33 KM, melalui konsorsium dengan 3 perusahaan lainnya yang ada di wilayah Kecamat Aruta Kabupaten Kobar.

    Sesuai hasil rapat konsorsium dengan Bupati Kobar, pembangunan jalan desa sepanjang 70 Km dibagi oleh 4 perusahaan besar swasta (PBS), yang ada di wilayah Kecamatan Aruta. Dan PT. Astra Agro Lestari Borneo 1, mendapat bagian untuk membangun jalan desa sepanjang 33 Km.

    Pada 9 Agustus 2017 kemarin,Bupati Hj.Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, telah meresmikan pembangunan jalan desa panjang 70 KM, yang disaksikan DPRD dan unsur Forum Pimpinan Daerah, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD),bersama unsur pimpinan 4 PBS, PT. ASTRA, PT. BJAP, PT. Korintiga Hutana dan PT. Ensbury, Kalteng Mining di Desa Penyombaan Kecamatan Aruta.

     “Selama ini semua perusahaan Astra Group di Kabupaten Kobar,antara lain PT. Astra Agro Lestari Bornei 1, selalu mendukung apa yang dipro gramkan pemerintah Daerah,” jawab M. Nazri Ikhwan, Comunity Developmen Area Manager PT. Astra Agro Lestari Bornei 1, saat dikonfirmasi sejumlah awak media usai acara peresmian. Menurut M. Nazri Ikhwan, membangun daerah bersama pemerintah dan masyarakat itu sudah kewajiban perusahaan.

    “Selain membangun jalan desa, juga program-program melalui CSR lainnya, yakni membangun berbagai sarana dan prasaranan pendidik (sekolah), kesehtan serta peningkatan pembangunan lingkungan desa lainnya, sehingga perekonomian masyaraka desa bisa berkembang,” ungkapnya. Dijelaskannya,program pembangunan jalan desa panjang 70 Km, melalui konsorsium 4 perusahaan yang digagas Bupati Hj. Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, adalah salah satu program yang sangat bagus.

    ”Karena akses Infrastruktur jalan ini merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat untuk menghubungkan antara desa kedesa, sehingga seluru desa di Kecamatan Aruta secara bertahap akan lebih maju,” kata M. Nazri Ikhwandidampingi CDO PT SINP/PBNA Hidayatusyah ‘ban, yang akrab disapa ‘Pak Dayat’.

    Ditambahkan H.Nazri Ikhwan, pihaknya  mulai mengerjakan pembangunan jalan pada tanggal 5 Agustus 2017. “Dalam hal ini kami mohon bantuan dan dukungannya dari semua pihak,khususnya semua warga Kecamatan Arut Utara,semoga dalam pelaksanaan pembangunan jalan berjalan aman dan lancar,” ungkap M.Nazri Ikhwan.

    Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(PUPR) Kabupaten Kobar Agus Yuwono menjelaskan kegiatan pembangunan yang didanai dari  Konsorsium,dimana setiap perusahaan hanya melakukan pembukaan  jalan dengan lebar 40 meter, penyiapan badan jalan lebar 15 meter, timbunan tanah latrit dengan ketinggian 30 cm, dan lebar 12 meter.

    “Pekerjaannya setiap perusahaan lokasinya dibagi, mulai dari jalan Kelurahan Pangkut sampai Desa Kerabu di kerjakan oleh tiga perusahaan. PT.BJAP,PT.Korintiga Hutani dan PT.Ensbury Kalteng Mining dan untuk jalan dari  Desa Penyombaan sampai Desa Pandau dikerjakan tiga perusahaan dari Astra Group,” ujar Agus.

    “Dengan adanya Konsorsium ini membuktikan bahwa antara Pemkab Kobar dan Perusahaan semakin bersinergi dalam membangun daerah,” kata Bupati Kobar. Dijelaskan Bupati, pembangunan jalan di Aruta yang didanai secara Konsorsium.

    “Jika kita hitung besarnya anggaran untuk 70 km itu akan menelan biaya sekitar Rp 32 milyar, kami akui dana APBD Kobar sangat terbatas sehingga kamipun menggandeng perusahaan yang ada disekitar Kecamatan Aruta untuk bergotong royong membuka akses jalan di Aruta,” beber Bupati Hj.Nurhidayah.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)