​Tunjukan Bakti Nyata Kepada Masyarakat, PBS ini Sosialisasikan Pencegahan Karhutla

    SAMPIT – Bertempat di Desa Tanah Putih, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan Musim Mas Group kembali menunjukkan bakti nyatanya dalam berkomitmen menghapus kebakaran hutan dan lahan yang mana berpotensi menyebabkan kabut asap khususnya di Kotim, Kalimantan Tengah, Senin (22/82017).

    Sejak pagi, nampak manajemen Musim Mas Group telah melakukan persiapan kegiatan sosialisasi serta pelatihan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan dengan penuh semangat mempersiapkan kegiatan tersebut.

    Empat peruasahaan yang berada dibawah naungan Musirn Mas Group ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut yakni:
    1. PT. Sukajadi Sawit Mekar
    2. PT. Maju Aneka Sawit
    3. PT. Globalindo Alam Perkasa
    4. PT. Unggul Lestari

    Dalam kesempata itu, manajemen mendatangkan regu-regu pemadam kebakaran dari seluruh penjuru pelosok perkebunan, lengkap dengan peralatan pencegahan dan penanggulangan Karhutla. Para pemadam ini denga rapi turun dari mobil Damkar diiringi dengan suara sirine tanda siap untuk mengikuti pelatihahan dan sosialisaai Karhutla tersebut.

    “Selain pencegahan Karhutla, kegiatan ini juga sekaligus ajang silaturahmi berjumpa dengan teman-teman Damkar dari berbagai penjuru kebun estate,” ungkap Gunadi Senior General Manager Musim Mas Group Region Kalimantan Tengah, didampingi Rusli Salim. Pada hari itu juga dilaksakan gelar simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan serta cek peralatan Damkar untuk persiapan penanggulangan Karhutla.

    Sementara itu, PT. Sukajadi Sawit Mekar beserta perusahaan afiliasi sesama Musim Mas Group, juga merupakan pendiri Fire Free Alliance (FFA) yakni kelompok sukarela terdiri dari pemangku kepentingan, bertekad dan mendukung pemerimah dalam melindungi lingkungan dengan mencegah kebakaran hutan dan Iahan dengan melibatkan masyarakat sekitar perusahaan.

    Perusahaan ini juga telah menjalin kerjasmaa dengan desa desa di sekilar perusahaan untuk mngajak dan melibatkan masyaralat sekitar aekilar perusahaan untuk lebih perhatian kepada lingkungan dan pebcegahan kebakaran hutan. Selama satu tahun belakangan ini PT. Sukajadi Sawit Mekar didalam afiliasi Musim Mas Group untuk pelatihan kegiatan pembukaan lahan tanpa bakar dengan nama Balakarcana.

    Perusahan juga mengadakan sayembara desa desa sekitar perusahan yang berhasil mencegah tidak terjadinya kebakaan hutan dan lahan selama satu tahun trakhir dan akan diberikan hadiah. Itu juga lelah mengadakan sayembara bagi dan rintangan terhadal penanggulangan vencana kebakaran laha ini akibat sistem pembakaran pembukaan laha yang dilakukan turjn termurun dan akibat iklim yang tidak bersahanat.

    Dari perusahaan yang ada di Musimas Group, PT Unggul Lestari berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan diwilyahnya tediri dari lima desa. Hadiah berupa pembinaan pemadam kebakaran desa, kendaraan bermotor roda dua, tiga sped boat sumur bor ada juga peralatan damkar serta hadiah lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat desa disiapkan bagi semua desa yang berada disekitar perusahaan Musimas Group.

    (raf/beritasampit.co.id)