​Lomba Menjurai Rempa, Turut Meriahkan HUT Ke – 72 RI, Dimana ?

    SAMPIT – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ( HUT RI) Ke 72, desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), turut meriahkan lomba mengurai rempa dengan adu kecepatan dan kerapian.

    Warga masyarakat yang berdiam dipesisir kawasan wisata Ujung Pandaran turut menyemarakan berbagai lomba memaknai hari kemerdekaan RI ke-72. Salah satu yang menarik lomba menjurai rempa, atau mengayam jaring. Siapa tercepat dan terapi merekalah sebagai pemenangnya.

    Memulai acara, panitia penyelenggara menyiapkan tali nyelon senar dan alat penjurai. Sedang peserta lomba hanya dikhususkan untuk kaum ibu-ibu nelayan setempat. Namun semua peserta harus mengayam, menjadikannya sebagian contoh bentuk rengge yang sudah ditentukan panitia penyelenggara.

    “Ukuran lobang 3 inci, 20 gerenet atau mata jaring menjulur kebawah dengan 10 mata memalang atau kesamping, dan pembuatan harus rapi dan bagus ialah sebagai pemenangnya,” ujar Teguh Apridinata, Sekretaris panitia HUT RI ke-72 desa Ujung Pandaran, Kamis (24/8/2017).

    Tak hanya itu, kata Teguh yang akrab disapa. kegiatan seru dan semarak lainnya juga banyak dilombakan menghibur masyarakat disini. Diantaranya, lomba pancalan jarak 200 meter, tarik tambang, voly ball campuran, panjat pinang, lari karung khusus anak-anak dan lomba lagu dangdut karaoke transional dengan keserasian lagu dan goyangannya.

    Semaraknya acara yang dilaksanakan pemerintahan desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menghiburan para wisatawan yang datang berkunjung dari luar daerah yang sekaligus rekreasi ke wisata pantai tersebut.ota Sampit.

    “Wah…ramai dan seru rangkaian acara kegiatan 17-an di desa Ujung Pandaran ini,” ucap Tony, warga Sampit kepada beritasampit.co.id. Penjabat Kepala Desa Ujung Pandaran, Muslih, ST mengatakan, kegiatan HUT RI kita selenggarakan melalui hiburan rakyat sesuai kultur budaya wilayah desa setempat. Disamping juga pelaksaan hiburan lainnya. Setidaknya mempererat rasa kebersaman, dan nasionalisme diantara warga pesisir pantai yang harmonis.

    Kita penyelenggara kegiatan dan didukung pihak kecamatan sangat terimakasih atas antusias masyarakat dalam keikutsertaannya turut menyemarakannya,” katanya bangga. Sementara itu, camat Teluk Sampit, Drs Samsulrijal, M.Si turut mengapresiasi pelaksanaan kegiatan hiburan rakyat yang diselenggarakan pemerintahan desa sangat antusias , semarak dan meriah memaknai rangkaian HUT RI ke-72 tersebut.

    Kekompakan diantara warga, RT, RW dan masyarakat desa kata camat, semakin terjalin akrab dan harmonis. “Atas terlaksananya hiburan rakyat ini mudah-mudahan semakin memperkokoh kekompakan terlebih dalam pembangunan desanya. Semoga rasa kekeluargaan, rasa kebersamaan dan nasionalisme selalu terpatri memaknai perayaan HUT RI ini,” harapnya.

    (mar/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)