​WOW..Diduga “Lapar” Orangutan Nyasar Ke Mendawai Seberang

    PANGKALAN BUN – Diduga lapar, seekor orangutan dewasa tiba-tiba masuk keareal ladang warga Mendawai Seberang, Kelurahan Mendawai Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kobar.

    “Saat orangutan masuk keladang membuat gempar warga setempat, karena entah datangnya dari mana, tiba-tiba muncul orangutan yang cukup besar, seperti kelaparan mencari makanan,” ujar Kardi, warga setempat kepada beritasampit.co.id, Senin (28/8/2017).

    Menurut Kardi, karena sejumlah warga merasa ketakutan akhirnya ada warga lainnya, yang melaporkan ke Kantor BKSDA Pangkalan Bun. Setelah Tim Rescue SKW II BKSDA Kalteng, bersama OF.UK datang kelokasi akhirnya orangutan berhasil dilumpuhkan pakai jaring dan dievakuasi.

    Kepala Seksi BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun, Agung Widodo mengatakan, Tim Rescue SKW II BKSDA Kalteng, berhasil melakukan evakuasi 1 individu orangutan berjenis kelamin Jantan dengan berat sekitar 80 Kg, dan kondisi fisik sehat. Lokasi evakuasi tersebut berada di koordinat S. 02 42’ 01’’; E. 111 35’ 03”.

    “Dtemukannya orangutan di Mendawai Sebrang kebun sawit milik Bapak Ruslan, dengan kondisi hutan yang tidak terlalu luas, orangutan ini diperkirakan masuk ke lahan warga untuk mencari makan,” kata Agung.

    Saat ini orangutan hasil evakuasi tersebut sudah berada dikandang transit Kantor SKW II BKSDA Kalteng, guna dilakukan proses penanganan lebih lanjut. “Kemungkinan nanti akan dilepas di habitatnya di hutan Taman Nasional Tanjung Puting,” beber Agung Widodo.

    (man/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)