​Pencurian Buah Sawit Masih Tinggi, Dimana?

    SAMPIT – Sedikitnya tercatat ada sembilan kasus pencurian buah kelapa sawit dalam beberapa bulan terakhir di Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang sudah ditangani oleh jajaran Polsek Parenggean.

    “Memang pencurian tersebut kebanyakan dilakukan oleh oknum warga setempat. Selain itu ada juga dilakukan oleh mantan karyawan perusahaan yang sudah mengetahui seluk beluk perkebunan. “Kapolsek Parenggean Iptu Triono Raharjo, Senin (28/8/2017).

    Lanjut Triono, Sampai saat ini ada sekitar 9 kasus yang sudah mereka tangani dalam sejak awal tahun sampai sekarang. Selama ini, banyak yang kami tangkap dan proses, selain itu ada tangkapan dari pihak petugas keamanan perusahaan.

    “Pencuri yang diketahui pihak perusahaan berhasil menangkap pelakunya hingga menyerahkan kepada pihak kepolisian. Kebanyakan hasil curian sendiri dijual kepada perusahaan lain atau terhadap pengepul yang memang menerima pembelian hasil curian,” terangnya. Ungkapnya, Hal itu terungkap hasil dari introgasi kepolisian terhadap para tersangka. Sementara untuk pencurian sendiri dilakukan oleh sejumlah orang.

    Dan mereka rata-rata berkelompok, mulai dari dua orang hingga empat orang. Hal tersebut dilakukan para pelaku untuk menghindari aksi mereka diketahui petugas. “Mereka biasanya berkelompok, dan mereka memiliki tugas masing-masing, namun selama ini sering digagalkan.”tambahnya

    Ia berharap, agar pencurian buah sawit di daerahnya terus menurun. Dimana pihaknya juga akan memberikan saksi sesuai hukum yang berlaku terhadap para pelaku pencurian. “Hal ini diharapkan memberikan efek jera bagi oknum yang berusaha melakukan pencurian,” demikiannya.

    (jmy/beritasampit.co.id)