​Balai TNTP Siap Kembangkan Program Baru “Wisata Hutan”

    PANGKALAN BUN – Indonesia memiliki sumber daya hutan yang kaya, dengan keanekaragaman hayati yang beragam baik flora maupun fauna. Termasuk di Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

    Untuk meningkatkan pemanfaatan TNTP, baik terhadap lingkungan konservasi hutan dan fauna dihabitatnya, serta masyarakat sekitar hutan. Maka Balai TNTP Wilayah Kabupaten Kobar, siap akan meningkatkan sejumpah program baru,antara lain ‘wisata hutan’.

    “Banyak program baru yang akan saya kembangkan di TNTP,namun tentunya secara bertahap. Nantilah diberitahu karena saya tugas di Kabupaten Kobar,masih baru,” jawab Helmi Kepala Balai TNTP, saat dibincangi beritasampit. co.id, usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kobar Kamis (31/8/2017).

    Saat ditanya tentang PT.ASMR (BGA Group),telah menyerahkan 809 hektar lahannya di Balai TNTP. Diakui Helmi, pihaknya sangat ‘hormat’ kepada PT. BGA. “Kami menghormati, komitmen PT. BGA yang telah rela menyerahkan lahannya 809 hektar, untuk kepentingan pengembangan konservasi hutan, demi kelestarian semua satwa/faunan yang hidup di habitatnya di TNTP,” ungkap Helmi.

    Lanjut Helmi,yang mantan Kepala Balai Taman Nasional Komondo di NTT, kita semua harus bersama-sama menyelamatkan hutan dan lahan, karena hutan merupakan salah satu penentu sistem penyangga kehidupan dan sumberkemakmuran rakyat.

    “Seperti dalam Undang-Undang No.41 tahun 1999, diantaranya mengatakan sumberdaya hutan yang lestari dapat digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat bagi generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Untuk itu marilah kita semua menjaga dan melestarikannya,” terang Helmi.

    (man/beritasampit.co.id)