Mencegah Pencurian Akun Sosmed Bagian (4)

    Pencegahan Pencurian Password Di Jaringan Bersama

    Oleh : Agung Suryo Putra***

    Setelah kita memahami bagaimana cara pelaku pencuri akun dijaringan bersama, kali ini akan dijelaskan bagaimana cara pencegahannya.

    Keylogging, Stealers, USB Hacking dan Mobile Phone Hacking adalah sebuah cara untuk mencuri username dan password dengan menanamkan sebuah program di perangkat yang akan digunakan. Caranya sebenarnya sangat mudah untuk menghindarinya, yaitu:

    1. Pastikan bahwa perangkat yang digunakan telah terinstall anti virus dan selalu up to date (terbaru). Selanjutnya perhatikan pada pengaturan anti virus, ada atau tidaknya aplikasi mencurigakan yang di bypass dalam pengaturan (di ijinkan oleh anti virus), kalau ada aplikasi mencurigakan silahkan dihapus dari pengaturan baru melakukan scanning manual sebelum menggunakan perangkat tersebut.
    2. Jangan menulis password langsung pada form login, gunakan notepad baru kemudian di copy pastekan di dalam form login jejaring sosial.
    3. Untuk perangkat komputer bersama, perhatikan di lubang USB, apabila ada Flashdisk yang merekat dan mencurigakan, lepas dan scanning ulang komputer dengan anti virus.
    4. Untuk perangkat Smart Phone yang habis dipinjam, coba dicek ulang apakah ada aplikasi mencurigakan yang terinstall diperangkat kita. Untuk lebih detilnya, ada baiknya mencek ke bagian pengaturan, aplikasi yang terinstall, cek dengan cermat apakah ada aplikasi yang mencurigakan. Kalau ditemukan ada aplikasi yang mencurigakan silahkan di uninstall terlebih dahulu.

    Session Hijacking, Side Jacking, DNS Spoofing dan Middle Attack adalah sebuah serangan yang memanfaatkan kanal jaringan internet lokal yang tidak memiliki sistim administrator yang cakap atau handal.  Untuk mencegah pencurian data dan password pada jaringan lokal adalah sebagai berikut :

    1. Pada saat terhubung pada jaringan tersebut, perhatikan pengaturan di perangkat bahwa sedang mengakses pada jaringan publik.
    2. Aktifkan fitur firewall dan tutup port yang dirasa tidak diperlukan pada perangkat yang digunakan.
    3. Memiliki sistim administrator yang mampu mengelola router (Mikrotik, Juniper, Cisco, dsb), tujuannya agar ada manajemen yang dapat mengkontrol jaringan internet yang ada. Untuk jaringan besar seperti di kantor, instansi, sekolah atau tempat umum, seharusnya memang disiapkan perangkat tersebut.

    Selain hal-hal tersebut, ada juga faktor terjadinya pencurian akun jejaring sosial melalui kelalaian pengguna Smart Phone dikarenakan ketidak tahuan pengguna dalam menggunakan perangkat.

    Bersambung…

    Penulis adalah Ketua Relawan TIK Kalimantan Tengah, yang aktif sebagai penggiat IT di Kalimantan Tengah.