Usai Wukuf di Arafah, Satu Jamaah Haji Asal Kotim Meninggal Dunia

    SAMPIT – Seorang Jamaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 11 Kasongan asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), bernama Muslimah (60) menghembuskan nafas Terakhir di Mina, Arab Saudi. Sabtu (2/9/2017) lalu.

    “Jamaah yang meninggal atas nama Muslimah tersebut masuk dalam kloter 11. Almarhum merupakan jamaah yang berangkat dari Kasongan, Kabupaten Katingan, yang berangkat dengan rombongan Kotim,” ungkap Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kotim Rabiatul Adawiah.

    Sebelumnya, Ia mengatakan, telah berpulang ke rahmatullah seorang jamaah kloter 11 di Mina, Arab Saudi bernama Muslimah. “Almarhum meninggal dunia di pemondokan yang ditempatinya. Almarhum wafat dikarenakan menderita cardiovaskular disease, atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah,” ucapnnya.

    “Selain itu, diyakini juga karena faktor kelelahan, yang mana sebelumnya jamaah haji sibuk mengikuti prosesi haji wuquf di Arafah, mabit di Musdalifah, dan melontar jumrah aqobah dan mabit di Mina. Selain dari kedua faktor tadi, ternyata Almarhum Muslimah juga memiliki riwayat hipertensi dan juga diabetes melitus,” terangnya. Ia berharap, Semoga keluarga dapat diberi ketabahan atas kabar duka tersebut, dan almarhum meninggal dalam keadaan syhahidah.

    “Almarhum Muslimah belum sempat melaksanakan melontar jumrah ula, wustjo, dan aqobah, tiga hari bagi nafar tsani dan dua bagi jemaah yang mengambil nafar awal. Sedangkan menurutnya, di Tahun ini calon haji Kotim masuk pada kloter 11 gelombang kedua sesuai pengundian keberangkatan haji Indonesia,” demikiannya. Untuk Haji Kotim dijadwalkan akan pulang ke Tanah Air 24 September mendatang.

    (jmy/beritasampit.co.id)