Mencegah Pencurian Akun Sosmed Bagian (7)

    PENGATURAN DAN ATURAN DI MEDIA SOSIAL

    Oleh : Agung Suryo Putra***

    FACEBOOK

    Facebook sudah menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia. Jika pengguna ingin mencari seseorang melalui platform jejaring sosial, besar kemungkinan mereka menggunakan Facebook. Ini berarti bahwa menggunakan Facebook lebih berbahaya daripada menggunakan situs lain, karena aksesibilitas yang hampir universal berarti hampir semua orang dapat melihat informasi yang diposting di sana.

    Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah secara terbuka menyatakan bahwa “privasi online sudah mati” dan memang benar bahwa sulit untuk mendapatkan privasi di Facebook. Meskipun penggunanya mungkin telah memeriksa pengaturan yang ada untuk meyakinkan bahwa hanya ‘teman’ tertentu yang memiliki akses ke informasi pengguna, informasi mungkin masih dapat diakses oleh orang luar melalui pencarian sederhana, atau oleh pengembang yang membuat salah satu dari banyak aplikasi dan game yang digunakan di Facebook.

    Penting untuk dicatat bahwa sekali pengguna telah membuat akun di Facebook, maka tidak akan bisa menghapusnya. Facebook hanya akan ‘menonaktifkan’ akun pengguna setelah adanya permintaan, tapi juga memungkinkan pengguna untuk ‘kembali’ dengan semua informasi dan pengaturan yang sama kapan pun. Data pengguna tidak pernah terhapus dari Facebook secara otomatis.

    Dari http://www.facebook.com/terms.php – “For content that is covered by intellectual property rights, like photos and videos (‘IP content’)/”Untuk konten yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual, seperti foto dan video (‘konten IP’), pengguna secara khusus memberikan izin berikut, subyek pada privacy dan [application settings] (http://www.the following permission,w.facebook.com/editapps.php):: anda memberikan kami lisensi non-eksklusif, dapat dipindah tangankan, sub-licensable, bebas royalti, di seluruh dunia untuk menggunakan apapun konten IP yang Anda posting pada atau sehubungan dengan Facebook (‘Lisensi IP’). Lisensi IP berakhir ketika pengguna menghapus konten IP atau akun, kecuali konten telah dibagi dengan orang lain, dan mereka belum menghapusnya.” Dengan kata lain, Facebook memiliki data yang pengguna posting di sana, dan dapat menggunakannya sebagaimana yang mereka inginkan.

    Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat selalu memonitor Facebook dan situs jejaring sosial lainnya, dan bisa jadi pemerintah negara lain melakukan hal yang sama.

    TIPS FACEBOOK:

    Periksa pengaturan privasi di Facebook. Karena banyaknya permintaan publik dan pertumbuhan jaringan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kebijakan privasi mereka selalu berubah.

    Tindakan ‘berteman’ di Facebook berarti pengguna membangun koneksi langsung dengan pengguna lain, dan mengizinkan mereka untuk melihat informasi dan kegiatan antar pengguna di Facebook. Sebaiknya hanya ‘berteman’ di Facebook dengan orang-orang yang benar-benar bisa dipercaya.

    Tempat yang patut dikunjungi untuk mulai memahami pengaturan privasi di Facebook adalah pada halaman ’Kontrollah Apa Yang Anda Bagikan’ (‘Controlling How You Share’) page di http://www.facebook.com/privacy/explanation.php

    TWITTER

    Fungsi: Update status

    Twitter bermula sebagai layanan untuk posting update dari ponsel ke internet, maka batas karakternya 140. Ini juga mengapa Twitter dikatakan sebagai ‘SMS untuk internet’. Di Twitter, anda ‘mengikuti’ pengguna lain yang menarik bagi anda, bukan orang yang benar-benar anda kenal. Ini berarti bahwa pengikut anda bukan selalu teman anda . Hal ini juga memudahkan orang untuk menggunakan identitas palsu atau menyembunyikan identitas mereka sendiri.

    Twitter menyatakan dalam syarat pelayanan: “Lisensi ini mengizinkan kami untuk membuat Tweets anda yang tersedia ke seluruh dunia dan membolehkan orang lain melakukan hal yang sama. Tapi milik anda adalah milik anda – konten anda adalah milik anda” (dari http://twitter.com/terms).

    Meskipun Twitter adalah sebuah situs web, banyak orang mengakses dan mengelola Twitter melalui aplikasi desktop yang dikenal sebagai klien Twitter. Jika Anda menggunakan klien Twitter anda harus memastikan perangkat terhubung ke situs aman.

    Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat memonitor Twitter dan situs jejaring sosial lainnya dan bisa jadi pemerintah negara lain melakukan hal yang sama.

    TIPS TWITTER

    “Apa yang anda katakan di Twitter dapat dilihat di seluruh dunia dengan segera” (dari http://twitter.com/terms)

    Ingat, setiap posting di Twitter masuk ke dalam lini waktu publik, yang berarti dapat diakses oleh siapa saja, bukan hanya pengikut anda. Pertimbangkan melindungi posting anda jika anda memposting informasi yang sensitif. Melindungi tweets anda berarti bahwa hanya pengikut anda yang dapat melihatnya: namun, ingat bahwa para pengikut masih bebas untuk me-retweet-nya dan membuatnya publik.

    Pertimbangkan untuk menggunakan nama samaran atau identitas palsu jika anda men-tweet kritikan terhadap pejabat atau pemerintah.

    YOUTUBE

    Fungsi: berbagi video, berbagi konten internet

    YouTube dimiliki oleh Google. YouTube sangat bagus untuk membuat video dan tersedia bagi miliaran pengguna. Namun, jika orang-orang di Google menganggap konten video anda tidak dapat diterima, mereka akan menghapusnya. Ini berarti YouTube bukanlah tempat yang aman untuk menyimpan video Anda. Google juga telah dikenal tunduk pada tekanan untuk menghapus konten dari YouTube agar terhindar dari penyensoran internet. Jadi jika Anda ingin orang melihat video anda, unggah salinannya ke YouTube – hanya jangan unggah salinan satu-satunya ke YouTube untuk penyimpanan yang aman.

    Google akan mencatat nama pengguna baik dan data lokasi untuk setiap video yang diunggah dan dilihat. Ini berpotensi untuk digunakan untuk melacak individu.

    Konten yang anda posting di YouTube tetap milik pengguna, dengan posting di YouTube, digunakan Google memberi lisensi untuk mendistribusikan konten tersebut.

    Sampai September 2010, YouTube dilarang di Cina, Iran, Libya, Tunisia dan Turkmenistan.

    TIPS YOUTUBE: :

    Jangan pernah posting video milik seseorang tanpa persetujuan mereka. Dan bahkan dengan persetujuan mereka, cobalah untuk memikirkan dampaknya sebelum mengunggah video tersebut.

    Simpanlah selalu salinan cadangan dari setiap video yang anda bagikan melalui Google / YouTube.

    Gunakan pengaturan privat untuk berbagi video dengan individu tertentu saja.

    FLICKR

    Fungsi: foto / video sharing, berbagi konten internet

    Flickr dimiliki oleh Yahoo!

    Konten yang diposting di Flickr tetap milik pengguna. Pengguna dapat memberikan lisensi kreatif umum ataupun hak cipta. Dengan mengirimkan konten, serta memberikan Yahoo lisensi untuk mendistribusikan foto atau video.

    Karena atribusi lisensi yang beragam, Flickr sangat baik untuk mencari gambar yang akan digunakan dalam kampanye dan sebagai tempat untuk berbagi gambar dengan rekan, sekutu dan anggota jejaring sosial.

    FLICKR TIPS

    Periksa bahwa Flickr tidak menampilkan informasi tersembunyi direkam oleh kamera digital (metadata), ini dapat mencakup tanggal, waktu, lokasi GPS, model kamera dan lain-lain.

    Jangan pernah berbagi foto orang lain di Flickr tanpa persetujuan mereka, dan pastikan subyek dari setiap foto setuju dengan jenis lisensi yang di pilih untuk foto mereka.

    Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat memonitor Twitter dan situs jejaring sosial lainnya dan bisa jadi pemerintah negara lain melakukan hal yang sama.

    TAMAT

    “Jangan Hanya Perangkatnya Saja Yang Smart, Yakinlah Jika Bisa Jadi Pengguna Yang Smart”.

    (Visited 1 times, 1 visits today)