Wow…Ada Belajar Membuat Robot Di Sampit

    Sampit – Bagi anak-anak, merakit robot bisa mencurahkan imajinasinya sendiri. Dengan belajar merakit robot, mereka bisa belajar struktur dan cara kerja sebuah robot.

    Itulah yang diakui Jerry. Bocah berusia sembilan tahun ini mengaku amat senang membuat robot. “Aku sering nonton film robot dan senang menghayal membuat robot. Dengan bisa mempelajarinya, impianku buat robot sendiri jadi kenyataan,” kata Jerry.

    Melalui tahap dasar, peserta diperkenalkan dengan fungsi gerak sederhana dan memanfaatkan barang-barang bekas agar bisa menjadi sebuah robot sederhana. anak seusia Jerry sangatlah potensial untuk diajarkan mengutak-atik robot. Karena tingkat imajinasi dan kreatifitas mereka masih sangat tinggi.

    Di negara maju sendiri seperti Jepang, Singapura dan Eropa, kegiatan merakit robot merupakan bagian dari kurikulum sekolah. Sedari dini, anak-anak pun sudah diminta untuk bereksperimen sendiri dengan robot. Berbeda dengan kondisi di Indonesia, di mana merakit robot belum terlalu populer dan baru diikuti sebagian kalangan saja.

    Menyadari hal ini, Relawan TIK Kalimantan Tengah bersama Relawan TIK Kotawaringin Timur membuka sosialisasi untuk belajar membuat robot kepada siswa-siswa Sekolah Dasar dan terbuka untuk umum.

    “Baru beberapa siswa-siswi sekolah dasar yang bergabung untuk belajar, dan kami pun masih membatasi jumlah peserta karena keterbatasan modul belajar”, ujar Agung Ketua Relawan TIK Kalteng.

    Ketua Relawan TIK Kotawaringin Timur, Zain Fajeri menambahkan,”Kami juga sedang berusaha menjalin kemitraan dengan pihak-pihak yang peduli dengan pendidikan di Kotawaringin Timur”.

    (as/beritasampit.co.id)