​Waaah, Banjir Ternyata Membawa Berkah Bagi Warga Kasongan

    KASONGAN – Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Katingan tidak sepenuhnya menyebabkan kerugian. Buktinya saja sejumlah warga Kasongan malah mendapatkan berkah dengan mencari ikan di lokasi aliran sungai yang banjir tersebut.

    Seperti dilakukan warga setempat yang mencari ikan di anak Sungai Katingan di Jalan Tjilik Riwut KM 1 Kasongan, Kamis (7/9/2017). Dengan berbekal alat penangkap ikan seperti Pasat, Haup, serta Tampirai dalam bahasa Katingannya. Warga pun dalam sekejap sudah mendapatkan ikan tangkapannya.

    Pantauan beritasampit.co.id, tampak warga setempat dengan mudah menangkap ikan jenis saluang dan banta di lokasi tersebut.‎
    Dengan cara menenggelamkan pasat, maupun Haup, sekitar tiga atau lima menit untuk kemudian diangkat. Beberapa ekor ikan seluang maupun banta dan ikan lainnya bisa di dapat dengan mudah.

    Setelah ikan diambil dan disimpan, pasat dan Haup kembali ditenggelamkan, dan ini terus berulang hingga mendapatkan berbagai jenis ikan. “Setiap datangnya Banjir, disinilah kami mencari ikan, yaa Lumayanlah buat di kunsumsi untuk keluarga dan di jual untuk membeli beras,” ujar Wahab, warga Kasongan.

    Biasanya Ikan hasil tangkapan ini dibeli oleh pengepul atau masyarakat sekitar yang lewat hanya ingin membeli ikan segar yang di dapat dengan harga Rp 15 ribu per kilo untuk jenis seluang dan untuk jenis ikan banta dijual Rp.10 ribu per kilo. “Harapan kita besok ikannya makin bertambah banyak, sebab banjir ini sangat membawa berkah bagi kami yang suka mencari Ikan, terutama di aliran sungai ini,” imbuhnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)