​Kisah Perjalanan H. Halikinnor Hingga Menjadi Plt Sekda Kotim (Bagian 1)

    SAMPIT – Sebuah perjalanan tidak mudah yang dilewati H. Halikinnor hingga saat ini dipercaya menjadi Plt Sekda Kotim, seorang anak laki-laki dari pasangan Bapak Nasran dan Ibu Siti Asni yang dilahirkan didesa bernama Baru, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), 54 Tahun silam ini cukuplah berat.

    Dimulai dari menempuh pendidikan disalah satu Sekolah Dasar (SD) didesa Baru, Kab Barsel, hingga harus melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 di Buntok, Barsel, yang jauh tempat tinggalnya tak menyurutkan Halikin kecil untuk terus bisa mengapai impiannya.

    Lelaki yang memiliki Hobby Sepak Bola ini pun setelah lulus SMP langsung meneruskan jenjang yang lebih tinggi di Ibu Kota Provinsi Kalimatan Tengah yaitu Kota Palangka Raya di SMAN 1 Palangka Raya. Keingin dan tekat besar Halikin untuk bisa lulus SMA pun sangat tinggi, walau jauh dari kampung halaman tidak menyurutkan tekatnya untuk bisa menuntut ilmu.

    Di Palangka Raya Halikin kecil harus sambil bekerja untuk bisa membantu kebutuhannya saat sekolah dan belanja untuk kebutuhan hidup karena untuk menunggu kiriman dikampung dari orang tuanya belum pasti dalam satu bulan itu ada kiriman.

    “Maklum saja dulukan jalur dari Buntok ke palangka raya tidak senyaman sekarang, ditambah orang tua harus kebuntok dulu untuk melakukan pengiriman,” jelas halikin menceritakan perjalanan dulu.

    Setelah lulus SMA pada tahun 1984 dengan nomor Surat Tanda Tamat Belajar 25 OC oh 0259684/1984 dirinya tidak langsung melamar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) namun mencari perkerjaan lain, sambil menunggu adanya lowongan CPNS.

    “Pas ditahun 1986 kalo tidak salah ikut saya tes CPNS dipalangka raya dan alhamdulilah saya lulus lalu ditempatkan sebagai Staf di kantor kecamatan Kota Besi,”kata halikin pria yang memiliki 2 anak ini.

    Dengan gajih hanya 44.400, Halikin muda terus merintis karirnya dan memantapkan diri bahwa jauh dari keluarga, dirinya bisa sukses. Bahkan Halikin sempat diajak Gubernur Kalteng, Asmawi Agani mengajak untuk berkarir diprovinsi namun halikin menolok.

    Untuk sementara seperti itulah kisah perjalanan Halikinnor yang saat ini menjabat sebagai Plt Sekda Kotim. Selanjutnya beritasampit.co.id akan mengulas lebih jauh kisah perjalanan Halikinnor, dan apa sebab dirinya menolak tawaran dari Gubernur Kalteng saat itu, Asmawi Agani untuk berkarir di Provinsi atau di Palangka Raya.
    Bersambung…..

    (bnr/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)