​Satu Anak Orangutan Asal Kalteng Dari Kuwait Berhasil Dikembalikan

    SAMPIT – Seekor anak Orangutan Berumur 3 Tahun bernama Taymur berjenis kelamin laki-laki memiliki berat 11 kilogram. Berhasil di datangkan kembali ke Kalimantan Tengah, setelah berhasil didapatkan dari seorang pemiliknya yang berada di negara Kuwait.

    Monterado Fridman selaku Humas Boos Foundition menerangkan secara singkat bahwa Orangutan itu berjenis Pygmaeyusrumbii yang berarti spesies Kalimantan Tengah.

    Orangutan mendarat di bandara H. Asan Sampit, sekitar pukul 01.15 WIB siang, dan langsung ditangani oleh bagian BKSDA Kalteng POS Sampit dan langsung dibawa ketempat Rehabilitasi di Palangkaraya. Diketahui, Tay berada di Kuwait selama 1 tahun, dan di ketahui karena seorang pemilik saat itu membawanya berkeliling kota menggunakan Motor Harley.

    Sehingga terlihat oleh petugas keamanan dan pihak keamanan langsung berkoordinasi kepada KBRI yang ada disana. Berdasarkan data, ini adalah kali ketiga bahwa Orangutan diselundupkan ke Kuwait dan ini adalah kali kedua orang utan diselundupkan asal Kalimantan Tengah.

    Diduga itu adalah hasil dari perburuan liar dan perdagangan di pasar gelap, yang tidak menutup kemungkinan jalur yang digunakan adalah udara dan laut. “Kami senang karena Taymur telah kembali ke Kalimantan Tengah,” demikiannya di bandara H. Asan Sampit, Kamis (14/9/2017).

    (jmy/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)