​Polres Seruyan Gelar Apel Kesiapan Kendaraan Taktis Untuk Karhutla

    KUALA PEMBUANG – Polres Seruyan menggelar apel kesiapan kendaraan taktis untuk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menggunakan kendaraan roda dua, di Mapolres Seruyan, Jumat (15/9/17).

    Wakapolres Seruyan Kompol Agus Dwi Suryanto, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan perintah langsung dari Kapolda Kalteng dan intruksi Presiden, untuk modifikasi kendaraan roda dua atau roda empat untuk menjadikan sebagai alat pemadam kebakaran dengan mengunakan alat pompa air yang dipasang langsung di mesin kendaraan.

    “Untuk Polres Seruyan kita menyediakan 10 unit, ada tujuh alat pompa air yang langsung dipasang dimesin kendaraan dan tiganya menggunakan mesin Alkon, ini akan kita demokan sehingga nanti sinegritas dari kita kepolisian bersama tim terpadu dalam hal menanggulangi karhutla diwilayah hukum Seruyan,” jelasnya.

    Kendaraan tersebut katanya akan bagikan disetiap Polsek yang terbagi dalam dua alat dalam satu Polsek. Begitu juga Polres Seruyan. Ia menambahkan karena ini sangat efektif untuk menggunakan pemadaman jika kendaraan roda emat tidak bisa mencapai lokasi kebakaran.

    Wakapolres juga mengharapkan pemerintah daerah (Pemda) baik itu kecamatan, kelurahan, bahkan desa untuk meniru modifikasi kendaraan taktis tersebut, karena kendaraan ini sangat efektif untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh roda empat.

    “Dengan kendaraan ini kita bisa tembus walau hanya jalan setapak, yang penting satu dilokasi ada sumber air. Maka dari itu, kita berharap pemerintah bisa menyediakan embung-embung air. Sehingga dilokasi yang memang sudah ditentukan embung-embung air itu dimana dilokasi rawan terjadi kebakaran, alat ini bisa sangat efektif untuk melakukan pemadaman kebakaran,” jelasnya.

    (rdi/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)