​Laporan Seputar FKN XI : Dalam Kirab Prajurit Keraton Panji-Panji Kesultanan Raja Kutaringin Mulai Berkibar di Cirebon

    CIREBON – Pada acara Kirab Prajurit Keraton Raja-Raja se Nusantara, Panji-Panji Keraton Kesultanan Raja Kutaringin, Pngkalan Bun Kabupaten Kobar-Kalteng, mulai berkibar. Di Alun-Alun Keraton Kesepuhan Cirebon.

    Dan sejak pagi hari yang cerah, Sabtu (16/9/2017) Alun-alun Keraton Kesepuhan telah penuh meruah dikunjungi ribuan masyarakat dari wilayah keresidenan Cirebon (Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka. Purwakarta, Subang), serta berbagai kota lainnya di Indonesia, juga sejumlah turis mancanagera.

    Setelah barisan seluruh Kontingen FKN XI, masuk ke Alun-alun dan baris rapih dilapak-lapaknya yang telah ditentukan panitia. Kemudian, melakukan kirab, menuju Balai Kota Cirebon, sekitar jaunya 4 km.

    Sebelum masuk ke Alun-alun Kejaksan dekat Balai Kota, disepanjang jalan raya, dari mulai Jl.Pasuketan Jl.Kang Graksan, sampai ke Jl.Siliwangi, semua Kontingan FKN XI, termasuk Kontingen dari Keraton Kutaringin Pangkalan Bun, disambut ribuan masyarakat.

    Bahkan,disepanjang jalan Kangraksan menuju Jl.Siliwangi, banyak pengunjung yang berteriak,di tujukan kepada barisan Prajurit Kutaringin “Haloo Pangkalan Bun” Mereka yang berterteriak adalah warga dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, yang banyak menetap di Jl.Kartini dan Jl. Yos Sudarso, dekat pelabuhan Cirebon, yang dulu membuka pangkalan kayu.

    Seperti dilaporkn Yuliantini (Guide Kontingen Kobar), Sabtu ini, acaranya cukup padat, yakni pada malam harinya setelah Kirab Prajurit, dibuka Pagelaran Seni Keraton Nusantara, masing bertempat di Gua Sunyaragi, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.

    “Khusus di Keraton Kanoman, selain pagelaran seni juga di gelar pameran benda-benda pusaka dari semua peserta FKN XI. Dan besok Minggu 17 September 2017, di gelar Pameran Produk Kreatif Jawa Barat di depan Gedung BAT Jl.Pasuketan Cirebon,” lapor Yuli.

    (man/beritasampit.co.id)