​Sampit Sudah Punya Kebun Raya Lho…Yuk Datang, Kita Lihat Apa Saja Fasilitasnya ?

    SAMPIT – Progres awal pembanguan Kebun Raya Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang berada Jalan Jendral Sudirman KM 30 arah Sampit – Pangkalanbun mulai terlihat dengan terbangunnya salah satu taman yang dinamakan Taman Kayu Komersil Kebun Raya Sampit.

    Kebun raya dengung luas lahan kurang lebih 600 hektar tersebut rencananya akan dibangun 10 macam taman yang hampir sama dengan Taman Kayu Komersil yang sudah rampung pembangunannya.

    “Ini baru progres awal, kalau melihat rencana dari pembangunan kebun raya ini sungguh memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit kemungkinan triliunan dana yang harus diglontorkan hingga kebun raya ini dapat rampung,” ujar Asa Yulianto salah seorang tenaga pendamping yang ditugaskan dari Kebun Raya Bogor Jawa Barat untuk melakukan pendampingan tahap awal pembangunan Kebun Raya Sampit, Kamis (21/9/2017).

    Dijelaskan Asa, bahwa program pembangunan kebun raya adalah program pusat yang hampir ada di seluruh daerah di Indonesia termasuk Kotim. Kemudain menurutnya suksesnya program pusat tersebut harus adanya dukungan penuh dari pemerintah supaya pembanguan Kebun Raya Sampit dapat segera berjalan seperti apa yang telah direncanakan.

    Sehingga progres awal yang digelontorkan pusat buat membangun Kebun Raya Sampit tidak sia-sia, sehingga bermanfaat nantinya buat daerah.

    “Makanya program ini meski didukung pemerintah daerah, terutama dinas terkait, sebab selama ini peran pemerintah daerah masih kurang, apa lagi saya hanya ditugaskan disini tidak sampai 1 tahun. Jadi saya berharap pemerintah dapat memikirkan bagaimana aset dan pengelolaan disini tetap dapat terjaga dan terawat,” tutupnya. (fzl/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY