Kapendam: “Nobar G30S PKI Mengingatkan Sejarah Kelam Republik Ini”

    Kubu Raya – Pemutaran Film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI), adalah untuk mengingatkan kepada seluruh prajurit dan keluarga besar Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura dan generasi muda, jangan sampai peristiwa yang kelam terulang kembali. Dikatakan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos kepada awak media di Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya Kubu Raya, Kalbar, Rabu (20/9/2017).

    Menurut Kolonel Inf Tri Rana Subekti, Kodam XII/Tpr akan melakukan pemutaran Film G 30 S/PKI, dimulai malam ini Rabu 20 September 2017 pukul 19.30 Wib dan disetiap malam libur hingga malam terakhir pada 30 September warga dan keluarga Kodam akan nonton bareng (nobar) dalam menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa. “Ya kegiatan ini meneruskan sejarah yang terjadi saat itu, agar tidak melupakan sejarah,” ujarnya.

    Pada kesempatan tersebut Kapendam menyampaikan, bahwa Presiden RI pertama Bung Karno pernah mengatakan, jangan lupa Jas Merah (Jangan Sesekali Melupakan Sejarah) dan jangan lupa jasa-jasa para Pahlawan.

    Lanjut Kapendam bahwa pemutaran Film G 30 S/PKI juga untuk mengingatkan kepada generasi muda dan prajurit-prajurit TNI agar tidak melupakan sejarah. “Jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali, semuanya sangat menyakitkan dan banyak korban. Untuk itu, seluruh anak bangsa generasi muda harus tahu bahwa bangsa kita pernah punya sejarah yang kelam,” ungkapnya.

    Diseluruh jajaran Kodam XII/Tanjungpura hingga ke Koramil-koramil sudah siap untuk melaksanakan nonton bareng bersama warga sekitar masing-masing. “Bahkan ada yang langsung contohnya pihak sekolah yang minta DVD untuk nobar dilaksanakan di sekolahnya sudah saya berikan, dan siap mempasilitasi untuk melaksanakan nobar Film G 30 S/PKI, tukas Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Tri Rana Subekti.
    (Editor : Ahmadi)