​WARNING !! Obat PCC Bisa Timbulkan Kematian

    SAMPIT – Perbincangan masalah obat PCC kini menjadi perhatian daerah, bahkan nasional. Pil berbentuk bulat berwarna putih sangat berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian. Obat PCC adalah jenis obat yang mengandung bahan aktif generik seperti paracetamol, acetaminofen, caffeine dan juga carisoprodol.

    Ketiga bahan aktif tersebut masing-masing memiliki kerja yang berbeda-beda namun tetap memiliki hubungan yang berkaitan untuk saling mendukung efek dari kerja obat itu sendiri. Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur (Kotim), dr Faisal Novendra Cahyanto, M. Kes mengatakan obat PCC tersebut tidak sembarangan dikonsumsi bahkan bisa menimbulkan kematian jika dosisnya tinggi.

    “Dampak dari obat PCC ini cukup banyak, dari yang berat sampai ringan, kalau yang ringan itu bisa berhalusinasi, gangguan saraf, dan bisa menimbulkan kematian, jika dosisnya sangat besar,” ujar Faisal kepada beritasampit.co.id, Jumat (22/9/2017).

    Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan tanpa ada resep dokter, pasalnya bukan hanya obat PCC saja yang berbahaya namun masih banyak lagi jika obat tersebut digunakan sembarang. “Bukan hanya PCC saja yang berbahaya, tapi masih ada lagi,” tuturnya. (bnr/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY

    (Visited 1 times, 1 visits today)