Horee!!! Bandara Tumbang Samba Akan Beroperasi Lagi, Kapan Ya?

    KASONGAN -Setelah berhenti beroperasi karena ada penambahan landasan pa­cu sejak dulu , kini bandar udara pe­rin­tis Tumbang Samba di Ke­camatan Katingan Tengah Ka­bupaten Katingan rencananya kembali ber­operasi pada tahun 2018 mendatang.

    Pasalnya dari yang semula hanya bisa jalur transportasi udara rute Tumbang Samba ke Kota Palangkaraya, kini bisa dari rute Tumbang Samba ke Banjarmasin Kalimantan Selatan.

    “Saat ini memang tidak ada penerbangan tapi menurut informasi dari pihak bandar udara tadi. Di tahun 2018 ini akan ada penerbangan lagi dari rute Tumbang Samba ke Banjarmasin Kalimantan Selatan, mungkin penerbangan nya akan dua kali dalam seminggu,” Ujar Sakariyas kepada beritasampit.co.id, Kamis (28/9/2017).

    Bupati Sakariyas berharap dengan adanya rute baru dari Tumbang Samba ke Banjarmasin Kalimantan Selatan itu bisa membuat pertumbuhan perekonomian masyarakat bisa menjadi berkembang pesat. Sehingga dirinya mengiginkan untuk kedepanya bisa lebih di kembangkan lagi.

    “Terkait dengan lahan masyarakat bahwa bandar udara mempunyai sertifikat semua, bandaran sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap ada memiliki sertifikat dan ini barang kali yang akan datang untuk bisa di kembangkan lagi, ya mudah-mudahan penerbangan domestik bisa di darati oleh pesawat bandar udara ini nantinya,” pungkasnya.

    Sementara itu, Bagian Tata Usaha Bandar Udara Tumbang Samba Is Munandar mengatakan bahwa landasan pacu penerbangan di bandar udara yang sekarang ini hanya 1.200 meter dan rencananya di tahun 2018 mendatang kemungkinan akan ada penambahan landasan pacu menjadi 1.400 meter untuk program dan juga untuk lapisan landasan.

    Sehingga di tahun 2018 nanti bandar udara yang semulanya dari tumbang samba rute kota palangkaraya dan kini akan ada jalur rute Tumbang Samba- Banjarmasin Kalimantan Selatan.

    “Landasan pacu penerbangan di bandar udara yang sekarang ini sepanjang 1.200 meter dan rencananya di tahun 2018 mendatang akan ada rencana penambahan lagi yaitu sepanjang 1.400 meter. Karena akan ada lagi jalur transportasi dari rute Tumbang Samba ke Banjarmasin Kalimantan Selatan,” ujar Is Munandar saat menyampaikan kepada Bupati Katingan Sakariyas.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Redaktur : Edy Ruswandi

    (Visited 5 times, 1 visits today)