Ini Pesan Bupati Sakariyas Saat Penutupan Event Olahraga Terbesar se Kabupaten Katingan

    KASONGAN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Katingan, diminta untuk sesegera mungkin melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan melatih fisik maupun mental para atlet yang akan mewakili daerah. Kemudian untuk memastikan bagaimana kondisi dan ukuran lapangan yang bakal menjadi tempat pertandingan Porprov akan datang.

    Permintaan itu saat Pidato Bupati Katingan Sakariyas yang di bacakan Sekda Nikodemus pada penutupan Porkab 1 Katingan, dilapangan Sport Center Kereng Humbang, Kasongan, Jumat ( 29/9/2017).‎

    “Model latihan saya harapkan dilakukan dengan pendekatan bagaimana suasana pertandingan yang sebenarnya. Contohnya kalau pertandingan di lapangan indoor, maka jangan latihan di lapangan terbuka. Begitu juga dengan masalah waktu, misalnya terbiasa berlatih pada sore hari, ternyata pada saat pertandingan mainnya pagi hari. Tentu akan berpengaruh besar untuk performa atlet itu sendiri,” pintanya.

    KONI Katingan juga diharapkan, mampu meningkatkan kemampuan para wasit, pelatih hingga official masing-masing cabang olahraga agar dapat menjalankan peran serta tugasnya lebih profesional. Sebab, tiga elemen ini menjadi salah satu penentu terhadap perkembangan olahraga ke depan.

    Lanjutnya mengatakan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng sebelumnya, secara umum Kabupaten Katingan berhasil keluar sebagai juara kedua setelah Kota Palangka Raya.

    “Saya yakin Kabupaten Barito Utara akan berlatih dan mempersiapkan diri dengan sangat matang, karena selaku tuan rumah Porprov 2018 mendatang mereka akan menargetkan juara umum.‎ Tidak ada salahnya untuk melatih dan mendidik atlet-atlet kita ini. Salah satu caranya dengan mendatangkan pelatih atau trainer dari luar daerah, terutama yang menyandang lisensi tingkat nasional,” katanya.

    Sementara itu Ketua KONI Katingan Leda Al Muqsith mengatakan, Porkab 2017 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun manusia melalui olahraga. Selama pertandingan, pihaknya tidak menemukan satupun atlet atau insiden yang berujung mencederai fair play.

    “Semua atlet sudah menunjukkan semangat juang yang begitu keras. Itu membuktikan bahwa dedikasi atlet Porkab Katingan sangat besar terhadap kontingennya. Saya terharu dan bangga melihatnya,” ujar Leda.

    Dirinya berharap, semoga Porkab Katingan kali ini mampu menghasilkan para atlet yang bakal menjadi wakil Katingan untuk mengikuti Porprov ke XI di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Dirinya menyadari, jika uang pembinaan yang diberikan belum cukup memuaskan, namun setidaknya dapat dipahami sebagai sebuah apresiasi pemerintah kepada atlet.

    “Jangan cepat berpuas diri, tapi jadikan sebagai langkah awal untuk meraih prestasi diajang yang lebih tinggi. Saya yakin dan percaya bahwa kalian akan semakin berkembang apabila terus berlatih,” pungkasnya. (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY

    (Visited 1 times, 1 visits today)