MIRIS… Sampah di TPS Komplek Pasar Hurung Tak Diurus, Tanggung Jawab Siapa?

    KASONGAN – Beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah yang dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Katingan yang ada di beberapa sudut kota benar – benar kurang terurus. Salah satunya adalah TPS di sekitar pasar hurung kasongan ini terlihat sampahnya keluar dari tempatnya sehingga terlihat terbengkalai.

    Salah seorang warga setempat, Nanda (40) mengatakan, membeludaknya sampah – sampah di TPS ini lantaran pengangkutannya tidak dilakukan setiap hari.

    “Sampah yang dibuang ke TPS itu bukan hanya pedagang ikan dan sayur, tapi juga masyarakat di lingkungan sekitar pasar ini,” katanya.

    Dirinya mengatakan sudah lama ingin memberitahukan kepada Pemerintah Kabupaten Katingan tentang TPS tersebut, namun instansi atau dinas mana yang berwenang untuk melakukan pengangkutan sampah – sampah itu. Sehingga terpaksa diam seribu bahasa.

    Tapi, setelah tahu bahwa instansi yang menangani pengangkutan sampah – sampah di setiap TPS itu adalah wewenangnya Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Katingan, sehingga dirinya berharap kepada Dinas ini untuk melakukan pengangkutannya secara rutin setiap hari.

    Jika tidak dilakukan pengangkutan setiap hari, Ia khawatir dari sampah – sampah itu akan menyebarkan beragam jenis penyakit, lantaran baunya yang tak sedap. “Memang sampah gudangnya penyakit. Karena itu, upayakan untuk mengangkut sampah-sampah tersebut setiap hari,” harap laki – laki pekerja serabutan ini.

    (ar/beritasampit.co.id)
    Editor: Muhammad A

    (Visited 4 times, 1 visits today)